Home News Nasional Memperingati 75 Tahun Kemerdekaan, BI Rilis Uang Khusus

Memperingati 75 Tahun Kemerdekaan, BI Rilis Uang Khusus

431
0
SHARE
Penampakan desain uang khusus pecahan Rp 75.000 yang beredar di media sosial. Foto: Dok. Istimewa

Diamma.com – Menyambut 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8) Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan uang khusus bertemakan kemerdekaan dengan pecahan senilai Rp 75.000.

Melansir kompas.com, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati akan melakukan peresmian uang logam rupiah khusus atau commemorative coin.

“Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekans pada acara ‘Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia’ bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan,” jelas BI, mengutip kompas.tv pada Minggu (16/8).

Seperti diketahui, Bank Indonesia memang mengeluarkan uang khusus saat ajang tertentu, seperti 25 tahun kemerdekaan, 50 tahun kemerdekaan, dan acara tertentu.

Melansir dokumen BI, uang khusus yang dikeluarkan BI diartikan sebagai uang yang secara khusus dikeluarkan dalam rangka memperingati peristiwa atau ada tujuan tertentu, serta memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Adapun pada setiap edisi uang khusus ini juga akan menjadi koleksi uang di Indonesia maupun cenderamata semata, dibuat dengan kemasan yang menarik dan unik.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rahma Angraini