Home Entertainment Penting! Berikut Empat Hal Dalam Menggunakan Masker

Penting! Berikut Empat Hal Dalam Menggunakan Masker

69
0
SHARE
Ilustrasi penggunaan masker kain. Foto: Kabar Besuki PRMN

Diamma.com- Beberapa waktu lalu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi bahwa penyebaran Covid-19 mampu menyebar melalui udara atau airborne. Mereka menjelaskan bawah virus yang menyebar melalui udara berbentuk aerosol, yaitu droplet berukuran kecil yang diklaim mampu bertahan di udara selama beberapa jam.

Melansir CNNIndonesia,virus yang berbentuk aerosol diklaim mampu berthan Selma empat hingga 16 jam, hal itu berdasarkan beberapa penelitian di AS.

Sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, maka penggunaan masker semakin digencarkan oleh pemerintah sebagai usaha menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat.

Berikut empat hal yang perlu Anda ketahui dalam menggunakan masker dengan benar. Perlu diingat bahwa untuk mencegah virus bukan hanya saat pemakaiannya saja yang benar tetapi sebelum memakainya pun harus diawali dengan benar.

  1. Bersihkan Telapak Tangan

Sebelum memegang tali masker, Anda harus memastikan telapak kedua tangan bersih dari kuman. Cuci tangan di bawah air mengalir dengan sabun atau antiseptik agar kuman mati.

  1. Pastikan Masker Tidak Cacat,

Cek kondisi masker dengan cara memegang kedua tali dan periksa apakah benar-benar bersih serta tidak ada kerusakan seperti lubang. Jangan gunakan masker yang rusak, karena perlindungan yang diberikan juga berkurang.

  1. Tertib Menggunakan Masker,

Saat wabah seperti ini, intensitas penggunaan masker meningkat, khususnya ketika kita sedang beraktivitas di luar rumah. Pakailah masker dengan tertib dan jangan buka masker dan dipindahkan ke sekitar tenggorokan atau leher. Hal itu karena pada bagian tersebut kotor terken paparan sinar matahari dan juga debu.

  1. Rajin Mengganti Masker,

Penggunaan masker memang diwajibkan, namun umumnya masker disarankan diganti setiap empat jam sekali. Hal tersebut agar dapat melindungi secara optimal.

Adapun dalam membuang masker medis, sebaiknya lepaskan kedua tali lalu dimasukan ke kantong plastik kemudian buang ke tempat sampah. Penggunaan kantong plastik untuk mencegah kuman dan bakteri yang menempel di masker tidak menyebar.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini