Home Entertainment Simak Yuk, 5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Simak Yuk, 5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

76
0
SHARE
Ilustrasi beberapa orang sedang bersepeda. Foto: southernstar.ie

Diamma.com – Tren bersepeda akhir-akhir ini kian marak dan digemari oleh masyarakat, khususnya di kota – kota besar di Indonesia. Berbagai macam jenis sepeda yang digunakan pun beragam, mulai dari sepeda fixie, roadbike, hingga sepeda lipat.

Kegiatan bersepeda seperti ini mulai marak ketika masyarakat mulai jenuh dengan kegiatanyang banyak dilakukan di rumah selama  Covid-19 ini. Lantas, bersepeda menjadi cara alternatif demi menjaga tubuh tetap sehat dan sekaligus untuk mengisi waktu luang serta ,mengurangi rasa bosan.  Kali ini diamma.com telah rangkum beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan, simak yuk?

1. Mengurangi Stres

Bersepeda mampu meredakan stres, depresi serta kecemasan. Hal tersebut karena berolahraga mempunyai efek kepada hormon pereda stres. Selain itu, dengan bersepeda kita juga sekaligus berjalan – jalan untuk melihat dunia luar dan menghirup udara segar, tidak hanya berdiam diri dirumah yang menyebabkan jenuh yang berujung stres.

2. Mengontrol Berat Badan dan Mengurangi Obesitas

Apakah kalian tahu Diammania kalau bersepeda dapat mengurangi obesitas dan juga mengontrol berat badan, lho. Hal ini karena kegiatan bersepeda salah satu olahraga yang ritmik atau kardio sehingga mengurangi lemak berlebih. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap menjaga pola makan yang sehat serta tidur teratur.

Melansir dari kumparan.com riset menunjukkan, bahwa sebaiknya kalian membuang sekitar kurang lebih 2000 kalori dalam seminggu melalui olahraga. Dengan bersepeda, kalian bisa membuang kalori sebanyak 300 kalori per jam, dan berat kalian akan berkurang dengan lebih cepat.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bagi kalian yang ingin mengetahui manfaat lain dari bersepeda, ialah untuk menguatkan otot jantung serta menguatkan sirkulasi darah. Dengan bersepeda penurunan risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi bisa dihindari.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi perhatian serius di dunia. Adapun salah satu penyebab diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Dalam sebuah riset di Finlandia, ditemukan bahwa mereka yang bersepeda selama 30 menit setiap harinya memiliki risiko diabetes yang lebih rendah sebesar 40 persen, seperit dilansir dari kumparan.com

5. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat terakhir bersepeda yaitu untuk keseimbangan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin tentunya akan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Gerak tubuh dalam bersepeda juga dapat melatih koordinasi dan kekuatan tubuh. Selain itu, bersepeda juga   dapa dilakukan untuk kalian menderita osteoartritis, karena bersepeda adalah olahraga yang ideal dan memiliki dampak yang ringan pada otot tubuh.

Nah, itu dia Diammania beberapa manfaat bersepeda, untuk kalian yang sedang gemar – gemarnya bersepeda di masa Covid-19 ini, jangan lupa untuk selalu pakai masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.  Tak lupa juga untuk selalu saling sapa antara pesepeda lain, ya untuk menambah relasi.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rahma Angraini