Home Entertainment Gaya Hidup Perhatikan Tips Berikut Agar Kue Keringmu Sempurna

Perhatikan Tips Berikut Agar Kue Keringmu Sempurna

91
0
SHARE
Ilustrasi kue kering. Foto: Pexels.com/Tina Nord

Diamma.com- Sudah sekitar tiga bulan semenjak pandemi Covid-19 ada di Indonesia sebagian aktivitas dibatasi, dan masyarakat diharuskan untuk melakukan kegiatan dari rumah saja. Maka dari itu, tak jarang para wanita banyak menghabiskan waktu bosan mereka dengan memasak ataupun membuat kue, disamping itu hal tersebut juga sebagai ajang untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Salah satunya dengan mencoba membuat kue kering, kendati demikian membuat kue kering bukan hal yang mudah. Sering kali banyak yang mencoba membuat kue kering namun hasilnya dan rasanya tidak memuaskan.

Jangan khawatir Diammania, kali ini diamma.com sudah merangkum beberapa tips membuat kue kering anti gagal. Penasaran? Yuk, disimak!

  1. Mentega dan Gula Dikocok Hingga Pucat, Ya Diammania!

Untuk menghasilkan kue kering yang renyah, kocok kedua bahan dengan mixer sehingga prosesnya tidak terlalu lama. Lakukan hingga berwarna putih pucat. Banyak orang yang tidak sabar dalam membuat kue kering sehingga seringkali mereka mempercepat pembuatan kue dan memasukkan bahan lain sebelum berwarna putih. Maka, hasil akhir dari kue tersebut tidak renyah.

  1. Gunakan Mentega Dingin

Tidak perlu melelehkan mentega sebelum dikocok. Pasalnya, mentega cair dapat membuat kue kering menjadi tidak renyah.

  1. Panggang Pada Suhu Standar 150-170 Derajat Celcius

Untuk kue kering umunya menggunakan suhu 150-170 derajat Celcius, agar tingkat kematangan kue kering saat dipanggang menjadi sempurna. Pasalnya, suhu oven yang terlalu panas akan membuat bagian luar kue menjadi kering namun bagian dalamnya masih basah. Penggunaan oven listrik sangat dianjurkan untuk memanggang kue kering, selain dapat mengatur suhu juga lebih efisien dan efektif.

  1. Pastikan Tepung Selalu Diayak

Seringkali ketika ingin membuat kue, lupa dan malas untuk mengayak tepung. Padahal hal tersebut untuk menghindari gumpalan tepung dan agar kue kering yang dihasilkan menjadi renyah.

  1. Gunakan Bahan yang Berkualitas Ya, Diammania!

Menggunakan bahan yang berkualitas sangat mempengaruhi rasa dan tekstur lho, Diammania. Pilihlah bahan dengan kualitas yang baik sehingga hasil akhirnya pun juga akan sempurna.

  1. Simpan Pada Wadah yang Kedap Udara

Hindari untuk menyimpan kue kering di kulkas, sebaiknya simpan pada wadah yang kedap udara. Sehingga, kue kering yang sudah jadi tetap renyah dan rasanya tidak berkurang.

  1. Oles Kuning Telur Setelah Dipanggang Setengah Matang

Umumnya kue kering menggunakan olesan kuning telur saat dipanggang, namun terkadang masih banyak yang belum mengerti kapan waktu yang pas untuk mengolesi kuning telur. Sebaiknya lakukan hal ini, setelah kue kering dalam keadaan setengah matang agar tampilannya menjadi mengilat dan cerah.

  1. Jangan Kocok Adonan Terlalu Lama

Untuk kue kering sebaiknya kocok adonan jangan terlalu lama, cukup pastikan hanya sampai bahan-bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan, karena akan berpengaruh pada tesktur dan menjadi tidak renyah.

Nah, itu dia Diammania beberapa tips agar kue kering yang kalian buat tidak gagal. Selamat mencoba!

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini