Home News Nasional ‘Jakarta Tangguh’, Berikut Filosofi Logo HUT DKI Jakarta ke-493

‘Jakarta Tangguh’, Berikut Filosofi Logo HUT DKI Jakarta ke-493

184
0
SHARE
Logo Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-493. Foto: Pemprov DKI Jakarta

Diamma.com- Hari ini, Senin (22/06) DKI Jakarta tengah merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-493. Akibat pandemi Covid-19, perayaan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari logo HUT tertulis ‘Jakarta Tangguh’ yang melambangkan perjuangan dalam melawan Covid-19.

Dalam logo tersebut, terdapat lima simbol yang memiliki makna atau filosofi tersendiri. Simbol tersebut terdiri dari Monas, MRT, mentari, masker, dan tiga tangan mengepal. 

Simbol Monumen Nasional (Monas) merupakan ikon dan jati diri Kota Jakarta. Kemudian terdapat simbol MRT yang melambangkan kemajuan dan pelayanan masyarakat. Terdapat pula gambar masker yang merupakan simbol dari suasana pandemi dan perlindungan.

Simbol mentari yang bermakna harapan dan masa depan yang cerah. Simbol terakhir adalah tiga tangan mengepal yang bermakna ketangguhan, kolaborasi, semangat yang tidak pernah padam. Kepalan tangan berwarna biru (tenaga medis), oranye (Pemerintah Kota Jakarta) dan hijau (masyarakat).

Lebih lanjut, Pemprov DKI Jakarta memberikan penjelasan mengenai logo tersebut pada unggahan Instagram resminya @dkijakarta.

“Logo HUT DKI Jakarta ke-493 memiliki makna Kota Jakarta yang tangguh, kolaborasi yang harmonis Pemerintah Kota Jakarta dengan setiap elemen masyarakat, semangat pantang menyerah yang tak kunjung padam, untuk menyongsong Kota Jakarta yang maju, tangguh, sejahtera dan terlepas dari pandemi COVID-19,” tulis Pemprov DKI.

Adapun perayaan HUT DKI Jakarta kali ini dilakukan secara daring untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Pemprov DKI Jakarta menggelar sejumlah kegiatan seperti tur virtual di beberapa objek wisata, Jakarta City Philarmonic yang berupa tayangan mengenai profil Planetarium, Masjid Amir Hamzah, dan Setu Babakan. Serta terdapat Tik Tok yang berisi pergelaran seni budaya, sejarah Kota Jakarta dalam tur virtual  museum sejarah.

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Indira Difa Maharani