Home News Internasional Penuh Kontroversi, Berikut Deretan Kecaman Atas Cuitan JK Rowling Tentang Transgender

Penuh Kontroversi, Berikut Deretan Kecaman Atas Cuitan JK Rowling Tentang Transgender

125
0
SHARE

Golden Trio (Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan Rupert Grint)  bersama J.K Rowling pada premiere film Harry Potter And Deathly Hallows 2. Foto: cbsnews.com

Diamma.com– Penulis terkenal serial Harry Potter dan Fantastic Beasts, JK Rowling mengunggah cuitan yang cukup kontroversi melalui akun Twitternya, @jk_rowling pada Minggu (7/6) lalu.

Dalam cuitannya tersebut, Rowling mengomentari sebuah artikel yang membahas tentang kerentanan perempuan dan non-biner yang mengalami mentruasi terhadap situasi pasca pandemi.  Ia juga menyebutkan bahwa transgender wanita bukanlah wanita.

“Orang yang menstruasi,  Saya yakin ada kata yang tepat untuk menyebut orang-orang tersebut. Seseorang tolong saya?,” cuit J.K Rowling.

Melihat cuitan tersebut, banyak warga net yang mengecam pernyataan Rowling. Bahkan banyak yang menyebut  wanita berusia 54 tahun itu adalah seorang “transphob”. Buntut panjang dari cuitan tersebut membuat para pemain utama serial Harry Potter (Golden Trio) angkat bicara.

Di antara Golden Trio tersebut, Daniel Radcliffe merupakan pemain pertama yang menanggapi cuitan tersebut. Pada Senin (8/6) lalu, ia menyatakan bahwa transgender wanita juga merupakan seorang wanita. Ia juga menyatakan bahwa segala sesuatu yang bertentangan dengan transgender dapat menghapus identitas para transgender.

“Transgender wanita adalah wanita. Semua pernyataan yang bertentangan (mengenai transgender) menghapus identitas dan martabat para transgender, dan hal tersebut tidak sesuai dengan semua saran yang diberikan oleh para profesional dalam asosiasi perawatan kesehatan yang memiliki jauh lebih banyak keahlian tentang masalah ini daripada Jo (J.K Rowling) atau saya,” tulis Radcliffe melalui The Trevor Project.

Kemudian Emma Watson juga ikut menanggapi cuitan  J.K Rowling melalui akun Twitternya, @EmmaWatson pada Kamis (11/6) lalu. Pemeran Hermione Granger tersebut  menyatakan orang trans layak menjalani hidupnya masing-masing.

“Masyarakat trans adalah orang seperti yang mereka katakan dan layak menjalani kehidupan tanpa terus menerus ditanya atau diberitahu bahwa mereka bukan seperti yang mereka katakana,” tulis artis peran berusia 30 tahun tersebut.

Rupert Grint menjadi pemain serial Harry Potter yang terakhir menanggapi cuitan kontroversi sang penulis. Pemeran Ronald Weasley tersebut menyatakan dukungannya kepada komunitas transgender.

“Saya berdiri teguh dengan komunitas trans dan mengulangi sentimen yang diungkapkan oleh banyak rekan saya. Perempuan trans adalah perempuan. Pria trans adalah pria, ” ujarnya, dilansir dari The Times pada Jumat (12/6) lalu.

Penulis:Anzila Riskia Putri
Editor: Indira Difa Maharani