Home Entertainment Gaya Hidup Menyehatkan! Berikut 4 Asupan yang Tepat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Menyehatkan! Berikut 4 Asupan yang Tepat Mengatasi Gangguan Pencernaan

200
0
SHARE

Bermacam variasi sayur dan buah kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Foto: marketeers.com

Diamma.com- Mengonsumsi makanan kesukaan menjadi pilihan sebagian orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun apakah kalian memperhatikan gizi dalam kandungan makanan tersebut? Jika makanan yang sering kalian konsumsi mengandung sedikit vitamin, nutrisi, dan serat, dikhawatirkan akan menjadi masalah pada sistem pencernaan.

Gangguan pencernaan dapat dirasakan seperti rasa kembung, mulas, mual, bersendawa terus, diare, susah BAB, bahkan sembelit. Jika tidak segera diatasi pasti akan menggangu aktivitas sehari-hari. Nah, supaya pencernaan kembali sehat dan lancar, mulailah untuk mengonsumsi beberapa makanan sehat di bawah ini:

  • Sayur-Sayuran

Makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan adalah sayuran hijau. Perlu diketahui bahwa sayur-sayuran hijau bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan susah buang air besar. Sebaiknya sayur hijau dikonsumsi dalam bentuk sup, karena makanan yang berkuah biasanya berpengaruh pada kelancaran sistem pencernaan makanan dalam tubuh.

  • Buah-Buahan

Asupan tepat untuk mengatasi masalah pencernaan selanjutnya adalah buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Berbagai pilihan buah seperti semangka, jeruk, pepaya, alpukat, atau apel bisa menjadi salah satu pilihan.

  • Yogurt

Selain makanan, kita juga perlu mengonsumsi yoghurt. Hal ini karena yoghurt merupakan minuman sehat yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh sekaligus membersihkan usus dan lambung. Tidak perlu takut dengan rasanya yang asam, untuk menangkal rasa asamnya dapat mengkombinasikannya dengan dengan buah-buahan atau disajikan dalam bentuk smoothies.

  • Air Mineral

Kita tentu tahu bahwa minum air mineral 8 gelas setiap harinya atau sekitar 2 liter sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain murah dan mudah didapat, air mineral merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori. Dengan minum air mineral, sisa kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan akan larut dan kondisi tubuh kembali segar seperti sedia kala.

Itulah beberapa asupan yang tepat dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jangan lupa untuk jaga pola hidup yang bersih dan berolahraga dengan rutin, ya!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Indira Difa Maharani