Home Entertainment Gaya Hidup Cara Mengatasi Rambut Berminyak tanpa Ribet dan Bebas Lepek

Cara Mengatasi Rambut Berminyak tanpa Ribet dan Bebas Lepek

239
0
SHARE

Ilustrasi rambut lepek yang sangat menggangu penampilan. Foto: cloudfront.net

Diamma.com– Pada umumnya wanita sangat mendambakan rambut yang indah dan berkilau. Segala cara dilakukan guna memperindah mahkota para perempuan tersebut. Salah satu permasalahan yang membuat banyak kalangan wanita gelisah adalah tipe rambut berminyak atau lepek. Biasanya disebabkan karena hormon, faktor genetik, atau kondisi medis. Bagi kebanyakan orang akan merasa sangat terganggu dengan penampilan seperti itu.

Banyak cara yang dilakukan guna memperbaiki rambut sesuai impian setiap orang. Tapi terkadang cara yang diterapkan terlalu ribet atau bahkan salah. Padahal pada kenyataannya sangat mudah jika dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Nah, berikut tips untuk mengatasi rambut berminyak:

  • Mencuci Rambut dengan Benar

Mungkin di antara kalian banyak yang berpikir keramas setiap saat dapat membuat tampilan rambut lebih bersih dan sehat. Tapi nyatanya dengan mencuci rambut lebih dari 1 kali sehari akan membuat kulit kepala lebih banyak memproduksi minyak.

Saat mencuci rambut juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Gunakan sampo untuk jenis rambut berminyak, lalu bilas hingga bersih dengan air suhu normal atau dingin (antara 1-2 menit). Karena salah satu penyebab rambut berminyak adalah sisa sampo atau kondisioner yang menempel di kulit kepala.

  • Manjakan Rambut dengan Bahan Alami

Bahan alami seperti lidah buaya dan alpukat yang telah dihaluskan cocok dijadikan masker rambut karena dapat mengurangi produksi minyak, sehingga rambut lebih kuat dan sehat. Alternatif lain juga bisa menggunakan larutan cuka apel, karena dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala.

  • Hindari Kebiasaan Menyentuh Rambut Terlalu Sering

Sebaiknya kalian harus kurangi menyentuh atau memainkan rambut terlalu sering. Hal ini akan meningkatkan stimulasi kulit kepala dalam memproduksi minyak. Serta jangan terlalu sering menyisir dan bersihkan sisir rambut secara rutin.

  • Teliti dalam Memilih Produk

Pilihlah produk rambut seperti sampo dan kondisioner yang berjenis volumizing, karena jenis tersebut biasanya mengandung lebih sedikit kadar minyaknya.

Silahkan mencoba dan tampil lebih percaya diri dengan mahkota indah nan berkilau. Say goodbye untuk rambut lepek!

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani