Home News Nasional 25 Titik Wilayah di Indonesia Siap Terapkan New Normal

25 Titik Wilayah di Indonesia Siap Terapkan New Normal

80
0
SHARE
Dalam kebijakan New Normal, masyarakat akan beraktivitas seperti biasa dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker. Foto: truedigitalpark.com

Diamma.com- Seiring melonggarnya sistem PSBB, kini Pemerintah akan mulai menerapkan kebijakan lain yaitu New Normal. Kebijakan ini dapat menjadi pijakan bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan seperti sedia kala, namun tetap diiringi dengan protokol kesehatan yang semestinya.

(Baca: Definisi “The New Normal” Jika Diterapkan di Indonesia)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan bahwa untuk saat ini terdapat 4 Provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo) yang mulai bersiap diri dalam menerapkan kebijakan New Normal.

“Ini akan kita lihat dalam satu minggu dampaknya seperti apa, kemudian akan kita lebarkan ke provinsi, kabupaten/kota lain apabila dirasa terdapat perbaikan yang signifikan,” ungkapnya usai meninjau kesiapan prosedur New Normal di Mal Summarecon Bekasi, Selasa (26/5).

Saat ini beberapa wilayah yang sudah ditetapkan dapat bersiap untuk penerapan kebijakan tersebut, terutama wilayah yang memiliki Ro atau indeks penularan Covid-19 sudah di bawah satu.

Melansir Kumparan.com, kebijakan tersebut akan didukung dengan pengerahan sekitar 340.000 personel TNI/Polri ke wilayah yang sudah ditetapkan saat ini, termasuk objek atau fasilitas publik yang dirasa akan ramai perkumpulan massa.

Selain 4 Provinsi yang akan menerapkan New Normal, terdapat 25 Kabupaten/Kota juga yang dirasa sudah dapat bersiap melakukan kebijakan baru, antara lain:

  1. Kota Pekanbaru
  2. Kota Dumai
  3. Kabupaten Kampar
  4. Kabupaten Pelalawan
  5. Kabupaten Siak
  6. Kabupaten Bengkalis
  7. Kota Palembang
  8. Kota Prabumulih
  9. Kota Tangerang
  10. Kota Tangerang Selatan
  11. Kabupaten Tangerang
  12. Kota Tegal
  13. Kota Surabaya
  14. Kota Malang
  15. Kota Batu
  16. Kabupaten Sidoharjo
  17. Kabupaten Gresik
  18. Kabupaten Malang
  19. Kota Palangkaraya
  20. Kota Tarakan
  21. Kota Banjarmasin
  22. Kota Banjar Baru
  23. Kabupaten Banjar
  24. Kabupaten Barito Kuala
  25. Kabupaten Buol

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Faradina Fauztika