Home Entertainment Gaya Hidup Waspada! Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini Dampak Buruknya

Waspada! Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini Dampak Buruknya

174
0
SHARE

Diamma.com– Mengonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari merupakan anjuran guna menjaga kesehatan pada tubuh. Selain untuk menyeimbangkan dan menjaga stabilitas dari suhu tubuh, juga dapat meningkatkan perkembangan sistem organ. Hal ini disebabkan jika kurangnya mengonsumsi air mineral akan mengakibatkan dehidrasi, yang mana pasti akan menyebabkan gangguan atau hambatan pada organ tubuh kita dan juga sistem pencernaan.

Kebiasaan minum sambil berdiri saat ini sudah seperti suatu hal yang wajar bagi kebanyakan orang. Bahkan tidak sedikit dapat dijumpai di berbagai macam acara. Namun, siapa sangka jika kebiasaan tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Yuk kita ulas!

  • Gangguan Sistem Pencernaan dan Kandung Kemih

Ketika minum dilakukan dengan posisi tubuh berdiri, akan sangat sulit untuk disaring atau dicerna dengan baik dengan semestinya. Air akan langsung turun menuju kandung kemih yang mana akan mengakibatkan penyumbatan.

Selain itu juga akan menyulitkan dalam penghancuran sisa makanan pada jaringan pencernaan, karena tidak adanya proses penyaringan melalui usus. Efeknya akan terasa nyeri pada bagian tubuh sekitar, mual, muntah, dan lain sebagainya.

  • Terkena Arthritis

Melansir dari alodokter.com, penyakit arthritis merupakan sebuah peradangan pada sendi diakibatkan karena kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya, sehingga dapat mengakibatkan bengkak, sendi terasa kaku, hingga yang lebih parah tidak dapat menggerakkannya. Hal ini dapat disebabkan karena ketika sedang minum dengan posisi berdiri, air yang masuk ke dalam tubuh akan langsung mengalir tanpa penyaringan, bahkan bisa masuk ke sela-sela persendian.

  • Menyebabkan Gangguan pada Jantung 

Pada jantung terdapat salah satu saraf penghubung, yaitu saraf kelana. Apabila minum dengan posisi berdiri, maka saraf kelana akan secara spontan berefleksi langsung secara aktif dengan saraf simpatik. Jika keduanya saling berefleksi, maka yang akan terjadi adalah gangguan pada sistem detak jantung.

  • Mengakibatkan Terjadinya Heartburn

Minum dengan posisi berdiri akan menciprat air secara deras langsung ke kerongkongan bagian bawah. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada serabut-serabut otak yang sedang bekerja. Selain itu juga dapat terjadi masalah pada sfingter atau sendi yang menjadi penghubung antara lambung dan kerongkongan. Dampaknya akan memberikan rasa seperti terbakar dan mual (asam lambung).

Itulah ulasan singkat dampak buruk minum dengan posisi tubuh berdiri. Semoga membantu anda dalam menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu sistem organ tubuh.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani