Home Entertainment Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Cara Ini

Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Cara Ini

173
0
SHARE
Ilustrasi bau mulut ketika sedang berbicara. Foto: Theguardian.com

Diamma.com- Saat melaksanakan ibadah puasa, bau mulut adalah hal yang paling dihindari. Selain membuat tak nyaman bagi orang sekitar. Hal tersebut juga dapat membuat kita tidak percaya diri.

Bila pada keadaan tidak puasa, kita dapat mengatasinya dengan cara memakan permen dengan rasa buah ataupun mint. Namun, situasi berbeda jika sedang berpuasa, tentu saja cara ini tak bisa dilakukan.

Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa:

1. Makan Sahur yang Sehat

Buah dan sayur segar dapat menjadi salah satu cara terhindar dari bau mulut. Itu karena keduanya memiliki kandungan antioksidan. Selain itu menu ini juga baik bagi tubuh dan agar terhindar dari dehidrasi.

2. Bersihkan Lidah

Bersihkan lidah anda dengan alat khusus yang halus. Gunanya adalah untuk membantu membersihkan bakteri yang ada pada lidah. Selain itu, jangan lupa tetap sikat gigi dua kali sehari setelah sahur dan menjelang tidur. Serta, Diammania juga bisa menggunakan cairan obat kumur agar napas menjadi lebih segar.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Jika asupan air yang dikonsumsi banyak, maka terhindar dari mulut kering. Cara ini efektif untuk membuatnya tetap terhidrasi. Jadi, usahakan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, ya Diammania.

4. Hindari Mengonsumsi Kafein

Sebisa mungkin jangan meminum kopi ataupun minuman yang mengandung kafein. Hal ini disebabkan, kopi memiliki kandungan tannin, yakni senyawa yang membuat mulut menjadi kering.

Nah itu dia, beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari bau mulut saat berpuasa. Selamat mencoba!

Penulis: Octavia Dwi Lestari
Editor: Rahma Angraini