Home Entertainment 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

286
0
SHARE
Seseorang yang sedang melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga. Foto : Tenangles.com

Diamma.com- Saat ini seluruh umat muslim di dunia, termasuk Indonesia tengah menjalani ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, ibadah puasa dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakatnya tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat berpuasa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengatur asupan makanan yang baik setiap sahur dan berbuka puasa serta banyak konsumsi air putih dan buah.

Selain mengonsumsi makanan yang baik, aktif bergerak dan berolahraga juga menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat berpuasa. Pasalnya saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dari luar dalam durasi 12 jam, maka dari itu olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan yang dilakukan 30-45 menit dengan intensitas sedang untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan?

Melansir Brilio.com, berikut 5 jenis olahraga ringan yang telah Diamma.com rangkum, simak ya!

  1. Jalan Santai
Ilustrasi beberapa orang saat jalan santai ketika berpuasa yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Foto : SehatQ.com

Jalan santai merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa Diammania pilih. Olahraga satu ini mungkin terlihat sepele, namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak.

Bukan hanya itu, melakukan olahraga jalan santai selama berpuasa juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan sistem pencernaan, serta dapat menurunkan berat badan. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan jalan santai seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama. Olahraga ini dapat dilakukan selama 15-30 menit.

  1. Bersepeda
Ilustrasi beberapa orang yang sedang bersepeda saat berpuasa . Foto : AyoBogor.com

Saat berpuasa, bersepeda juga bisa menjadi salah satu olahraga alternatif bagi Diammania,lho. Bersepeda saat puasa dapat menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah. Selain itu, juga untuk peregangan otot kaki sehinggal tidak mudah keram. Olahraga satu ini cocok dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Untuk hasil yang lebih efektif, olahraga bersepeda dengan durasi maksimal 30 menit sudah cukup lho, Diammania.

  1. Jogging
Seseorang yang sedang jogging untuk menjaga kesehatan jantung. Foto : thelist.com

Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai namun dengan ritme yang sedikit lebih cepat yang juga masih termasuk ke dalam olahraga ringan. Walaupun hanya jogging, kegiatan ini tidak kalah bermanfaat bagi tubuh, antara lain untuk menjaga kesehatan jantung, mampu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan juga stroke.

Olahraga satu ini juga dapat dilakukan selama puasa dengan durasi waktu 10-20 menit, tiga kali dalam seminggu. Waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini biasanya setelah sahur atau sore hari menjelang berbuka puasa.

  1. Yoga
Seseorang yang sedang melakukan yoga karena tidak terlalu menguras energi. Foto : Webmd.com

Melansir Live Strong, yoga termasuk olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar, dan lebih rileks. Pada penelitian Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011, menyebutkan bahwa melakukan yoga dua kali dalam seminggu dapat membantu meringankan bengkak dan gejala penyakit sendi. Kegiatan yoga ini dapat dilakukan setiap pagi dan sore hari menjelang berbuka dan untuk hasil yang optimal lakukan olahraga ini minimal 45 menit.

  1. Naik Turun Tangga
Seseorang yang sedang menaiki tangga saat berolahraga. Foto : SehatQ.com

Olahraga ringan naik turun tangga ini dapat dilakukan selama menjalani ibadah puasa. Walaupun hanya naik turun tangga, kegiatan ini tak kalah bermanfaat dari olahraga lainnya yang secara efektif dapat membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Diammania bisa lakukan kegiatan ini kurang lebih 10 menit dan mampu membakar 178 kalori dalam tubuh. Selama berpuasa, Diammania bisa melakukan olahraga ini di sore hari menjelang waktu berbuka.

Nah, itu dia 5 jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh saat berpuasa. Tetap jaga kesehatan dan selalu produktif ya, Diammania!

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Rahma Angraini