Home Entertainment Gaya Hidup Unik, 4 Kebudayaan dari Setiap Negara yang Jarang Diketahui

Unik, 4 Kebudayaan dari Setiap Negara yang Jarang Diketahui

165
0
SHARE
Salah satu kebudayaan Dugderan dari Semarang, Indonesia. Foto: mahligai-indonesia.com

Diamma.com- Setiap negara memiliki ciri khas budaya masing-masing, khususnya Indonesia. Keberagaman budaya tak lepas dari perbedaan latar belakang seperti agama, budaya, ras, suku, geografi, dan lainnya yang menjadi pemicu budaya itu lahir dalam suatu wilayah. Budaya yang beragam dan unik dari setiap negara memang penting diketahui untuk menambah ilmu pengetahuan.

Nah, berikut ini merupakan budaya-budaya yang unik dari berbagai belahan dunia yang harus kamu ketahui, yuk simak!

  • Menari dengan Mayat
Masyarakat Madagaskar saat mejalani tradisi Famadihana. Foto: phinemo.com

Terdengar aneh bukan menari bersama mayat,  namun kenyataannya di Madagaskar hal ini sudah terjadi secara turun- menurun. Menari bersama mayat atau dikenal sebagai Famadihana merupakan sebuah ritual yang dilakukan pada Juni sampai September. Tak hanya menari, mereka juga mengganti kain yang menyelimuti mayat tersebut. 

  • Hanami
Masyarakat Jepang saat merayakan tradisi Hanami. Foto: cheria-travel.com

Tradisi Hanami merupakan kegiatan pada saat musim semi, di mana masyarakat akan berkumpul dan menggelar tikar untuk piknik bersama di bawah pohon sakura yang mulai berbunga. Hanya ada beberapa lokasi untuk Hanami, yakni Tokyo, Osaka, Nagoya, Hiroshima, dan Kyoto.

  • Penaburan Bubuk Kayu Manis
Seorang wanita yang sedang ditaburi bubuk kayu manis di Denmark. Foto: liputan6.com

Ada yang unik dari negara Denmark, yaitu tradisi di mana mereka yang berusia 25 tahun dan belum menikah atau lajang akan “diserang” dengan bubuk kayu manis ke tubuh mereka. Dan uniknya, penaburan kayu manis akan ditingkatkan menjadi lada pada seseorang yang belum berpasangan atau masih lajang di usia 30 tahun.

  •  Dugderan
Tradisi Dugderan di Semarang dalam menyambut bulan suci Ramadan. Foto: mahligai-indonesia.com

Kali ini berasal dari Indonesia, tepatnya di Semarang dengan tradisi Dugderan. Tradisi ini dijalankan sebagai penanda datangnya bulan suci Ramadan. Salah satu ciri khas dari acara ini adalah arak – arak warak ngendok. Warak ngendok ini merupakan bintang rekaan yang bertubuh kambing, berkepala naga serta memiliki kulit sisik emas.


Penulis: Siti Annisa Savina
Editor: Indira Difa Maharani