Home News Nasional Nekat Bawa Pemudik, Polda Metro Jaya Amankan Travel Gelap

Nekat Bawa Pemudik, Polda Metro Jaya Amankan Travel Gelap

149
0
SHARE


Petugas kepolisian sedang berpatroli untuk mencegah masyarakat yang mudik. Foto: iqro.id

Diamma.com-  Sebanyak 15 agen perjalanan yang masih nekat mengangkut penumpang mudik telah diamankan Polda Metro Jaya pada Jumat (1/5) malam.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengemukakan bahwa 15 travel tersebut akan membawa 113 pemudik ke berbagai daerah di Jawa. Diperkirakan travel tersebut memungut tarif sekitar Rp300.000-Rp500.000 per penumpang.

“Kami sudah amankan 15 travel gelap dengan penumpang yang diangkut para bis itu sebanyak 113 orang. Travel gelap ini mengenakan biaya Rp300.000-Rp500.000 ke penumpang untuk sampai di kampung masing-masing,” tutur Sumbodo, Senin (4/5).

“Setelah kami melakukan patroli siber, kami selidiki dan akhirnya kami amankan di Cikarang Barat,” lanjutnya.

Adapun Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan para pelaku travel gelap biasanya menggunakan media sosial untuk menawarkan jasanya kepada masyarakat.

Polda Metro Jaya akan bertindak tegas kepada para agen perjalanan gelap yang masih mencoba untuk membawa penumpang mudik.

“Jika masih ada yang bermain-main dengan cara menawarkan jasa travel gelap, kami bakal tindak tegas,” ujarnya

Sebelumnya, telah dikeluarkan peraturan Menteri Perhubungan (permenhub) soal larangan mudik yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Penulis: Angelina Tri Maulidina
Editor: Indira Difa Maharani