Home Entertainment Gaya Hidup Viral! Berikut Resep Membuat Dalgona Coffee di Rumah

Viral! Berikut Resep Membuat Dalgona Coffee di Rumah

297
0
SHARE
Penampilan Dalgona Coffee yang siap untuk dihidangkan serta cocok untuk menemani hari kalian saat physical distancing. Foto: The Jakarta Post

Diamma.com– Berlakunya kebijakan physical distancing yang ditetapkan oleh pemerintah menyebabkan masyarakat lebih sering membuat makanan ringan serta aneka minuman di rumah untuk menghilangkan rasa bosan. Salah satunya adalah membuat dalgona coffee atau kopi dalgona.

Dalgona coffee akhir-akhir ini tengah viral di media sosial, tercatat sudah lebih dari 10 juta tampilan tutorial membuat dalgona coffee di aplikasi TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, hingga YouTube.

Melansir dari Kimchimari.com, minuman ini awalnya trend di Korea Selatan, terutama ketika masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Meski cara membuatnya mudah, dalgona coffee tetap memiliki ciri khas sendiri, yaitu adanya busa tebal dan kental di bagian atas minumannya. Dalgona sendiri pada dasarnya adalah jajanan manis khas Korea Selatan.

Untuk Diammania yang lagi bosen #DirumahAja, bisa coba membuat dalgona coffee yang lagi tren ini, lho. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah dan praktis. Tidak perlu menggunakan mesin, cukup dengan kekuatan tangan dan kesabaran saat mengocok kopi tersebut. Untuk itu yuk disimak !

Bahan-bahan Dalgona Coffee :

  • 1 sdm kopi hitam instan, tanpa gula
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm air hangat
  • 200 ml susu cair
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Dalgona Coffee :

  1. Pertama, campurkan kopi bubuk hitam, gula pasir, dan air panas dalam satu wadah.
  2. Kemudian, kocok bahan-bahan tersebut dengan mixer atau  whisk (alat pengocok telur).
  3. Kocok ketiga campuran tersebut dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan berbuih menyerupai busa.
  4. Konon, jika ingin mendapatkan hasil sempurna  diperlukan 400 kocokan lho, Diammania. Lalu, untuk membuktikan jika kopi dalgona yang dibuat berhasil, kalian bisa membalikan kopi tersebut ke arah lantai. Jika tidak tumpah/jatuh, dapat dipastikan kopi dalgona yang kalian buat berhasil.
  5. Jika sudah kaku, langkah selanjutnya dalam menyajikan minuman tersebut yaitu, masukkan es batu ke dalam gelas, lalu tuang susu dan tambahkan busa dalgona di atas susu.
  6. Untuk mendapat hasil yang nikmati, jangan lupa diaduk ya Diammania sebelum diminum.

Nah, itulah resep mudah membuat dalgona coffee yang lagi tren dan hits saat ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diammania !

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Rahma Angraini