Home Entertainment 5 Langkah Menjadi YouTuber Sukses, Ayo Mulai Sekarang!

5 Langkah Menjadi YouTuber Sukses, Ayo Mulai Sekarang!

240
0
SHARE
 Seorang wanita tengah memegang Tablet bertampilan YouTube pada layarnya. Foto: istockphoto

Diamma.com- Siapa yang tidak ingin mempunyai penghasilan yang berlimpah tanpa harus bekerja penuh seperti pegawai kantoran.

Semua itu bukan lagi isapan jempol belaka, trend menjadi sukses kini bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan kreativitas dan kemampuan menggunakan teknologi.

Yaps, melalui platform YouTube siapapun bisa meraup keuntungan yang tak terhingga dan juga kepopularitasan, seperti Atta Halilintar ataupun Jess No Limit.

Nah, daripada penasaran simak dengan baik 5 langkah awal untuk menjadi YouTuber sukses :

1. Persiapkan semuanya sebaik mungkin

Mulailah dengan membuat akun YouTube kalian sendiri dan persiapkan segalanya yang dibutuhkan, seperti kamera untuk merekam, komputer untuk mengedit video, dan lighting untuk pencahayaan. Namun, kalian tidak perlu khawatir jika memiliki alat seadanya, semisal hanya menggunakan handphone untuk kegiatan produksi YouTube kalian.

2. Kembangkan sasaran dan konten yang akan dibangun

Bagi YouTuber pemula yang baru terjun menekuni bidang ini, kalian harus mensiasati konten yang disajikan akan dikonsumsi oleh siapa. Lalu, buatlah konten yang menarik dan beda dari YouTuber lainnya agar orang-orang tertarik.

3. Pahami regulasi AdSense

Seperti yang kalian harapkan sebelumnya  menjadi YouTuber terkenal dan mendapatkan jumlah penghasilan yang berlimpah. Akan tetapi, perlu dipahami terlebih dahulu jika di YouTube ini ada peraturan yang harus dilakukan, mulai dari standard jumlah minimal subscriber, waktu durasi menonton video, hingga jenis konten apa yang bisa mendapatkan AdSense tersebut.

4. Konsisten terhadap YouTube kalian

Konsisten disini memiliki artian bahwa kalian harus bisa mengatur semuanya dengan baik dan teratur. Misalnya, konsisten dalam hal penayangan video dan fokus terhadap konten yang dijalani.

Seperti yang kalian lihat dari akun-akun YouTube yang sudah besar, mereka memiliki jadwal penayangan yang teratur dan terjadwal serta kontennya pun variatif dan menarik.

5. Evaluasi dan pelajari fitur analytics

YouTube menawarkan fitur analytics untuk melihat kinerja dari video yang telah dihasilkan, disini kalian akan mengetahui berapa usia rata-rata yang menonton, selain itu kalian juga akan mempelajari demografis agar cakupan video kalian lebih jauh lagi.

Fitur analytics harus terus dipelajari untuk melihat sejauh mana video kalian sukses atau tidak dipasaran, bukan hanya pemula, YouTuber yang memiliki jumlah subscriber besar juga terus melakukan evaluasi dengan fitur ini.

Demikian 5 langkah yang telah kami sajikan untuk kalian para Youtuber pemula yang ingin sukses. Perlu diingat tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini untuk meraih itu semua. So, ayo mulai lakukan langkah tersebut dari sekarang.

Penulis: Ivan Nurhidayat
Editor: Rahma Angraini