Home Entertainment Gaya Hidup Perhatikan! Ini 5 Cara Penting Memilih Ikan Segar

Perhatikan! Ini 5 Cara Penting Memilih Ikan Segar

204
0
SHARE
Mengkonsumsi ikan segar demi kesehatan tubuh. Foto: thecornishfishmonger.co.uk

Diamma.com- Ikan memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tapi kandungan nutrisi ini tidak lagi optimal bila kita mengonsumsi ikan yang kualitasnya telah menurun.

Ada beberapa tanda pasti bahwa ikan itu segar. Ikan segar harus memiliki aroma ringan dan daging yang lunak, dan baru dipotong. Jangan membeli ikan yang memiliki bau sangat amis.

Ikan utuh harus memiliki mata yang cerah, menonjol dan insang merah atau merah muda cerah. Ikan segar paling baik digunakan saat itu juga. Atau, anda dapat menyimpannya hingga dua hari di bagian terdingin dari kulkas. Ikan beku akan tetap segar seperti aslinya harus dalam lemari es pada 0 derajat atau lebih rendah, sehingga dapat bertahan tetap segar sampai 3 bulan.

Berikut adalah beberapa cara yang harus diperhatikan dalam memilih ikan yang segar dan kaya dengan nutrisi:

1.Ingsang
Lihatlah penutup insang pada sisi kepala ikan. Ikan yang baru ditangkap memiliki insang berwarna merah atau merah muda yang tampak bersih dan segar. Semakin merah warna insang, maka semakin baik kualitanya. Insang berwarna kecokelatan atau keabuan dengan bagian insang yang tampak terpisah satu sama lain menandakan bahwa kualitas ikan telah menurun

2. Bau
Ikan berkualitas baik memiliki bau khas yang segar dan ringan. Bau yang menguar dari ikan segar tidak mengganggu penciuman ataupun terasa aneh. Sebaliknya, bau amis yang menyengat menandakan bahwa ikan tidak lagi segar.

3. Mata
Mata dari ikan yang segar tampak terang dan jernih dengan warna hitam di bagian tengahnya. Permukaannya pun terasa menonjol dan kenyal saat disentuh. Sebaliknya, mata ikan yang sudah tidak segar tampak mengerut dan keruh. Bagian mata yang seharusnya berwarna putih kekuningan juga berubah warna menjadi kemerahan.

4. Daging Ikan
Daging ikan yang segar tampak jernih dengan warna yang cerah. Beberapa jenis ikan memiliki warna daging putih terang, tapi ada pula jenis ikan yang memiliki warna berbeda. Apa pun jenis ikan yang dipilih, pastikan bahwa warnanya cerah dan tidak kusam

5. Kulit dan Sisik
Cara mudah memilih ikan segar adalah dengan mengamati warna kulit dan sisiknya. Kulit ikan berkualitas baik lebih tampak mengilat dengan warna yang terang. Sisiknya pun masih menempel dengan kuat pada tubuh ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik. Sementara itu, ikan yang sudah tidak segar memiliki kulit dan sisik yang tampak kusam. Saat dipegang, sisiknya juga mudah terlepas.

Nah, itu beberapa cara mudah dalam memilih ikan yang masih segar. Dengan mengetahui cara memilih ikan yang segar juga dapat mengurangi risiko kontaminasi makanan. Setelah melakukan pemilihan ikan, jangan lupa untuk segera menyimpannya dalam lemari pendingin atau dimasak sesegera mungkin.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Octavia Dwi Lestari