Home Kampus Lembaga Pusat Studi Mahasiswa Islam, Syiar Dakwah Islam di UPDM (B)

Pusat Studi Mahasiswa Islam, Syiar Dakwah Islam di UPDM (B)

331
0
SHARE
Umairoh Savitri(kanan), selaku Ketua PSMI demisioner saat menyerahkan jabatannya kepada Bayu Febrian Kosasih (kiri) sebagai Ketua PSMI periode 2019/2020. Foto: Diamma.com/Gadis Ayu Maharani

Diamma.com– Pusat Studi Mahasiswa Islam atau PSMI merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang didirikan atas usul mahasiswa yang ingin membangun UKM dengan dasar agama Islam.

Pada awal didirikannya, sebutan untuk organisasi ini adalah Himpunan Mahasiswa Islam. Kemudian, pada 1980-an namanya diganti menjadi Pusat Studi Mahasiswa Islam.

Syiar dakwah Islam, memperkenalkan, serta mendekatkan agama Islam di area kampus merupakan dasar dari visi-misi UKM yang memiliki jargon cerdas, tangguh, dan amanah ini. PSMI memiliki kegiatan yang rutin dilaksanakan seperti MQM.

Bayu Kosasih selaku Ketua Umum PSMI menjelaskan kegiatan tersebut.

“Kegiatan MQM rutin dilaksanakan dengan mendatangkan ustadz yang mengajar mengaji dan mengetest surat-surat  Al-Qur’an seperti pelafalan ayat, kalau belum lancar diulang,” ungkapnya.

Saat ini, PSMI memiliki 13 badan kepengurusan harian, setiap tahunnya akan berganti jabatan yang diemban. PSMI memiliki 4 anggota dari mahasiswa 2017 dan 3 anggota dari mahasiswa 2018. Alumni pun masih ikut berkontribusi membantu dan membangun organisasi PSMI.

Sebelum resmi menjadi anggota PSMI, calon anggota terlebih dahulu ikut pelatihan dan pelatihan dasar kepemimpinan selama 3 hari, anggaran yang disediakan berasal dari keuangan PSMI dan anggaran dari kampus.

PSMI memiliki dua divisi, yaitu Divisi Kaderisasi yang bertugas merekrut anggota baru dan Divisi Syiar Dakwah yang bertugas memperkenalkan agama Islam di kampus, serta ada Dewan Kemakmuran Masjid, yang mana setiap hari Jumat rutin menyiapkan makanan di masjid kampus dan setiap bulan Ramadhan menyiapkan makanan untuk berbuka. Setiap divisi bertugas berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan.

Bulan suci Ramadan 2019 kemarin, PSMI mengisi dengan kegiatan-kegiatan Islami di kampus. Contohnya adalah mengadakan kultum, kajian 3x seminggu, sholat tarawih selama sebulan di masjid kampus, menyiapkan takjil, dan ikut membantu kampus dan lembaga lain yang mengadakan buka puasa bersama seperti meminjamkan karpet dan menyediakan marawis.

Ke depannya, program kerja PSMI berkeinginan membuat bazar Islam di kampus.

“Ke depannya InsyaAllah ingin mengadakan bazar Islam di kampus dengan memperkenalan apa saja alat musik Islam dan mengkombinasi Islam dengan seni musik,“ harap Bayu.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Octavia Dwi Lestari