Home Kampus Lembaga Mengenal Fotografi Bersama Telefikom

Mengenal Fotografi Bersama Telefikom

340
0
SHARE
Salah satu hasil karya pada Pameran Telefikom Fotografi, dengan judul “Selamat Datang di Indonesia”. Foto: Diamma.com/Rahma Angraini

Diamma.com – Wadah Kegiatan Mahasiswa (WKM) Telefikom Fotografi (biasa disebut WKM Tele) dibentuk pada 11 November 1991. Sebelum menjadi WKM, Telefikom dikenal sebagai sebuah komunitas fotografi. Ketika sudah diangkat menjadi organisasi, barulah lahir nama Telefikom tersebut.

Nama ‘Tele’ ini berasal dari nama lensa, di mana lensa tele merupakan salah satu lensa yang sangat mahal. Kala itu, hanya terdapat satu orang anggota yang memiliki lensa tele di organisasi tersebut.

Fungsi dari lensa tele adalah untuk memperbesar objek foto yang ada di depan mata. Jadi, Telefikom memiliki arti, agar setiap anggotanya dapat memandang jauh ke depan.

Telefikom mempunyai nama khusus di setiap jabatan para anggotanya, misalnya seperti ‘Jenjang’. Nama Jenjang ini diberikan kepada calon anggota Tele yang masih dalam proses diklat.

Lalu, ‘Blur’, sebutan ini diberikan kepada mereka (anggota) yang sudah didiklat dan telah menyelesaikan pameran akbarnya.

Selanjutnya ‘Focus’, merupakan sebutan bagi para Badan Pengurus Harian (BPH) yang sedang menjabat di periodenya.

Yang terakhir adalah ‘Klik’. Sebutan ini diberikan untuk para alumni dari Telefikom. Semua panggilan tersebut diambil sesuai dengan filosofi Kamera.

Program kerja Telefikom tahun ini akan lebih banyak mengisi sejumlah kegiatan anggotanya di bagian Litbang (Penelitian dan Pengembangan). Seperti, membuka kelas seminar, membuat Tele Cinema dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dengan lembaga lainnya, juga membuat majalah dinding yang disesuaikan dengan tema.

Untuk perekrutan anggota tahun ini Telefikom juga akan menggabungkan dua diklat menjadi satu. Yaitu, Diklat Fotografi dan Diklat Organisasi. Yang mana, akan dijalani selama kurang lebih dalam waktu enam bulan.

Lama terbentuk, Telefikom memiliki sejumlah prestasi yang membanggakan dan mengesankan. Salah satunya adalah Pameran.

Pameran terbesar dan paling mengesankan yang pernah dibuat oleh WKM ini adalah pameran ‘Imagejiner Art’, yang diadakan di Museum Mandiri pada tahun 2007 lalu.

Tidak hanya itu, Telefikom juga tergabung ke dalam Organisasi Panorama Jakarta (persatuan fotografi se-Jabotabek). Bahkan, banyak prestasi yang telah diraih oleh WKM Telefikom sendiri, salah satunya dalam kontes foto.

Tahun 2018 lalu, Telefikom berhasil meraih prestasi di acara Panorama Awards yang diselenggarakan oleh Persatuan Fotografi Mahasiswa. Sebuah acara yang cukup bergengsi yang mana diikuti oleh lebih dari 20 perguruan tinggi negeri / swasta di wilayah Jadetabek.

Reporter: Anggi Balqis
Editor: Gadis Ayu Maharani