Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Puasa Bagi Jantung

Manfaat Puasa Bagi Jantung

1349
0
SHARE

puasa_sehat-untuk-jantungDiamma.com – Puasa bagi umat muslim bukan hanya kegiatan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Di sisi lain, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk jantung. Lemak jahat yang berlebih di dalam tubuh kita, dapat membentuk plak di pembuluh darah dan jika berlangsung lama maka akan menyumbat pembuluh darah. Beberapa penyakit pun akan timbul akibat hal tersebut, diantaranya yaitu jantung koroner dan stroke.

Kepala Sub Direktorat Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kementerian Kesehatan, Lily Banonah Rivai mengatakan bahwa puasa dapat mengurangi lemak jahat dalam tubuh yang bisa menyumbat pembuluh darah, hal tersebut dikarenakan saat berpuasa, asupan makanan menjadi lebih teratur. Selama kurang lebih 14 jam tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh mendapat kesempatan untuk beristirahat.

Lily juga mengungkapkan bahwa tingginya penyakit tidak menular di Indonesia disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Penyakit tersebut dapat dicegah dengan merubah pola hidup seperti tidak merokok, pola makan gizi seimbang dan olahraga teratur. Itu dia sedikit info mengenai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

 

Reporter : Ledya Maulidina S / Foto : teguhtriatmojo.blogspot.com

Editor : Rosa Febryanty Razak

(dikutip dari berbagai sumber)