Home Entertainment Gaya Hidup Cara Sehat Bentuk Tubuh Ideal

Cara Sehat Bentuk Tubuh Ideal

1082
0
SHARE

cara-diet-sehat-cara-diet-sehat-dan-cepat-cara-diet-yg-sehat-cara-diet-sehat-alami-tips-diet-sehat-menu-diet-sehat-cara-diet-alami-cara-diet-cepat-cara-diet-diet-sehat-menurunkan-berat-badan-cara-diet-yang-baik-03Diamma.com – Ada banyak cara untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal diantaranya adalah diet sehat dengan menjaga pola makan, puasa, dan berolahraga. Tidak jarang, sebagian orang rela mengeluarkan biaya hingga ratusan juta rupiah untuk menempuh ‘jalan pintas’ demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Sebelum melakukan diet sehat, sebaiknya ketahui dulu indeks massa tubuh yang baik, agar kita dapat mengetahui apakah badan sudah ideal atau belum. Menurut penelitian Raisa Andea, Universitas Sumatera Utara pada tahun 2010, diet sehat dapat membuat seseorang memiliki tubuh ideal tanpa mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Diet sehat juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi masukan kalori ke dalam tubuh. Namun, menjaga pola makan yang dianjurkan oleh pedoman gizi seimbang juga harus tetap dilakukan.

Adapun pola makan sehat yaitu sebagai berikut :

  1. Konsumsi variasi buah-buahan dan sayuran minimal lima porsi sehari
  2. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti roti, nasi, kentang
  3. Dianjurkan untuk memilih daging, ikan rendah lemak. Dan konsumsi dalam jumlah sedang. Begitu juga dengan susu dan produk olahan susu lainnya.
  4. Kurangi mengkonsumsi cemilan dan makanan yang mengandung gula.

Selain menjaga pola makan, puasa dapat juga menyehatkan tubuh, sebab makanan berkaitan dengan proses metabolisme tubuh. Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita kegemukan dan kolestrol tinggi untuk melakukan puasa.

Ilmuwan di bidang neurologi Mark Matshon, Ph.D menjelaskan hasil penelitian dengan membatasi kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, sekaligus peremajaan sel-sel otak.

Tidak hanya itu, pengaturan makanan yang disertai dengan olahraga merupakan kombinasi terbaik. Olahraga yang dapat diterapkan adalah bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda atau yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Lakukanlah dengan teratur selama 30-60 menit, minimal 3 kali dalam seminggu serta didukung juga dengan pola makan yang baik. Lakukanlah secara konsisten dan dengan kesabaran serta kedisiplinan untuk mendapatkan hasil yan diinginkan.

 

Reporter : Nur Silmi Istiqomah / Foto : zona-sehat.com

Editor : Rosa Febryanty Razak

(dikutip dari berbagai sumber)