Home Kampus Seminar Umum FISIP Ajak Mahasiswa Lindungi Anak

Seminar Umum FISIP Ajak Mahasiswa Lindungi Anak

743
0
SHARE

image1Diamma.com – Tingginya tingkat kekerasan terhadap anak dibawah umur yang menurut catatan KPAI pada tahun 2014 mencapai 853 kasus, menjadi salah satu topik bahasan pada seminar umum FISIP UPDM(B). Acara tersebut digelar pada Selasa, 3 Maret 2015 di ruang 333-334 FISIP UPDM(B). Seminar tersebut diisi oleh beberapa pembicara antara lain Wahyu Hartono (Deputi Kementrian Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak), Budiharjo (Wakil Ketua KPAI), dan Rudy Sukanto (Childfund Indonesia).

Beberapa materi pun di bahas dalam seminar tersebut diantaranya mengenai kekerasan terhadap anak, hak-hak yang dimiliki oleh seorang anak, bagaimana upaya penanganan kekerasan terhadap anak, serta peran pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut. Selain pemberian materi, Budiharjo juga sempat memutarkan beberapa video mengenai tindak kekerasan terhadap anak-anak yang terjadi di lingkungan sekitar kita.

Budiharjo berpesan kepada para pemuda khususnya mahasiswa UPDM(B) bahwa ada dua langkah yang harus dilakukan guna memiliki peran dalam melawan kekerasan terhadap anak. “Yang pertama mereka paham tentang materi yang diberikan oleh narasumber dan yang kedua, bukan tidak mungkin bahwa teman-teman mahasiswa menjadi relawan KPAI, Childfund, maupun Kementrian Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak,” ujarnya.

Feny Lestari salah satu peserta seminar berharap seminar tersebut dapat menambah wawasan mahasiswa. ”Semoga seminar ini dapat bermanfaat buat semua mahasiswa yang datang dalam seminar dan dapat menambah wawasan akan bahayanya kekerasan terhadap anak,” ujarnya.

Budiharjo berharap bahwa nantinya nilai-nilai yang di dapat dari seminar mampu memberikan hasil yang berdampak positif. “Semoga kedepannya tidak hanya dalam aspek seminar saja, tapi lanjut ke tahap action , bukan tidak mungkin mereka akan mengambil langkah-langkah untuk melakukan perlindungan anak di sekitar lingkungan,” ucapnya.

 

Reporter : Ahmad Subagia / Fotografer : Ahmad Subagia

Editor : Ledya Maulidina S