Home Entertainment Gaya Hidup Bahaya Flat Shoes Bagi Kesehatan Kaki

Bahaya Flat Shoes Bagi Kesehatan Kaki

787
0
SHARE

Christian-Louboutin-Black-Online-Boudoir-Satin-Ballerinas-Flats-WomensDiamma.com – Sepatu merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari fashion kaum hawa. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari high heels, flat shoes, sneakers, stiletto heel, dll. Dari sekian banyak jenis sepatu, high heels atau sepatu hak tinggi paling dianggap berbahaya bagi kesehatan kaki. Sebagai alternatif pengganti high heels, wanita menggunakan flat shoes atau sepatu teplek. Namun, terlalu sering menggunakan sepatu teplek pun ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatan kaki kita.

Flat shoes yang memiliki permukaan telapak datar memang bisa mengurangi risiko terkilir. Tetapi, permukaan yang terlalu datar dapat mengakibatkan nyeri tumit (plantar fasciitis). Plantar fasciitis menyebabkan jaringan tebal di dasar kaki (bagian bola kaki) bengkak dan akan terasa sangat sakit.

Seperti yang diungkapkan oleh Dave Wain seorang ahli penyakit kaki dari Carnation Footcare, ia menjelaskan bahwa flat shoes berbahaya karena tidak adanya bantalan di kaki. Selain itu, pengunaan flat shoes yang sangat datar dalam waktu yang sering juga bisa membuat otot-otot kaki, tendon, pembuluh darah dan sendi tiga kali lebih terbebani dan lutut pun akan terasa linu.

Sebagai solusi bagi para penggemar flat shoes, sebaiknya menggunakan bantalan tambahan agar dapat menopang bentuk kaki dengan baik. Namun, jika hal tersebut dirasa merepotkan maka carilah sepatu yang permukaan di bagian telapaknya tidak terlalu datar dan cukup baik untuk menopang bentuk kaki kalian.

Para ahli kaki menyarankan agar menggunakan sepatu dengan sol atau hak sekitar 2-3 cm agar kaki dapat tertopang dengan baik.

 

Reporter : Rachma Putri Utami / Foto : unicarbide.com

Editor : Rosa Febryanty Razak

(dikutip dari berbagai sumber)