Home News Penyerangan Terhadap Charlie Hebdo

Penyerangan Terhadap Charlie Hebdo

738
0
SHARE
Karikatur-di-Majalah-Charlie-Hebdo
Stephane Charbonnuer (Pemimpin Redaksi Majalah Charlie Hebdo)

Diamma.com – Beberapa hari yang lalu terjadi penyerangan terhadap kantor majalah mingguan Charlie Hebdo. Sekelompok teroris melakukan penembakan pada Rabu (07/01/15) di Paris, Perancis. Aksi penembakan tersebut menyebabkan 12 orang tewas, 4 orang luka parah, dan 11 orang luka ringan. Charb (pemimpin redaksi majalah Charlie Hebdo) dan empat kartunis yaitu Cabu, Honoré, Tignous, dan Wolinski pun tewas dalam peristiwa tersebut. Selain itu, dua polisi setempat juga turut terbunuh.

Penyerangan tersebut diduga merupakan respon terhadap edisi Charlie Hebdo yang memuat sampul bergambar kartun Muhammad yang sedang berkata “100 lashes of the whip if you don’t die laughing”. Seperti diketahui, Charlie Hebdo merupakan majalah satire yang kerap menyindir lewat tulisan dan karikatur. Mereka kerap menerbitkan artikel yang ekstrem tentang Katolik, Islam, Yahudi, Politik, Budaya, dan lainnya.

Saat kejadian terjadi, aparat kepolisian langsung melakukan penyidikan dan pelacakan terhadap pelaku. Luc Poignant dari kepolisian Perancis melaporkan pelaku kabur menggunakan mobil curian. Belum diketahui kelompok mana yang bertanggung jawab atas serangan teror tersebut.

Publik figur di Hollywood menunjukan solidaritas mereka atas tragedi penyerangan tersebut. Para bintang Hollywood mengekspresikan lewat majalah Perancis, twitter dan media sosial lainnya. “Sangat jelas ini mengerikan, tragis dan menyedihkan, ” ujar aktris Tina Fey seperti dikutip dari Variety.

Kanselir Jerman, Angela Merkel mengecam keras aksi pembunuhan itu, sebagai serangan terhadap kebebasan berpendapat dan kebebasan pers itu. “Aksi menjijikan ini bukan hanya serangan pembunuhan terhadap warga Perancis dan keamanan negara itu, melainkan serangan terhadap inti dari budaya demokrasi bebas” ujar Merkel.

 

Reporter : Kardina Chairunnisa / Foto : google

Editor : Rachma Putri Utami

(dikutip dari berbagai sumber)