Home News UPDM(B) Bersama IAEI Adakan Seminar Nasional

UPDM(B) Bersama IAEI Adakan Seminar Nasional

747
0
SHARE

IMG_20141011_183337_resizedDiamma.com – Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) (UPDM(B)) bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) menyelengarakan Seminar Nasional pada Sabtu (11/10/14) di Fakultas Kedokteran Gigi UPDM(B)

Mengusung tema “Penyiapan SDM Berbasis Kompetensi Syariah Dalam Pengembangan Perbankan Syariah Era MEA 2015”, acara tersebut dibuka dengan pelantikan pengurus IAEA komisariat UPDM(B). Para pengurus dilantik oleh Mustafa Edwin Nasution selaku Dewan Pakar IAEA. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Mustafa, dalam sambutannya Mustafa menekankan perlunya memperhatikan era baru MEA 2015 untuk perbankan 2020.

Selain Mustafa, Dekan Fakultas Ekonomi UPDM(B), Haryo Widharso jugga memberikann sambutannya, tidak ketinggalan Rektor UPDM(B), Sunarto memberikan sambutan sekaligus pembukaan acara seminar tersebut. Seminar yang dipandu oleh Rathoyo Rasdan selaku dosen FE UPDM(B) tersebut menghadirkan beberapa pembicara seperti Deny Hendrawati selaku Direktur Panin Bank Syariah, Mukhaer Pakkana selaku Ketua STIE Ahmad Dahlan, dan Andrianto Daru Kurniawan selaku perwakilan dari BNI Syariah.

Kegiatan seminar tersebut dihadiri oleh mahasiswa UPDM(B) dan beberapa mahasiswa dari universitas lainnya seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Hamkah. Yudi Hidayat selaku Ketua Pelaksana menjelaskan tujuan diadakannya seminar tersebut ialah dalam rangka mempersiapkan program studi syariah di Fakultas Ekonomi UPDM(B), “tujuan pertama internal mempersiapkan prodi baru Syariah,” jelas Yudi. Yudi menambahkan bahwa Fakultas Ekonomi menangkap kebutuhan akan ekonomi syariah dalam pasar Indonesia tidak sebanding dengan ketersediaan tenaga dalam bidang syariah yaitu sebesar 10%.

Yudi berharap mahasiswa lebih memiliki wawasan yang komperhensif, selain mempelajari ilmu ekonomi yang ada di kampus, mereka juga memiliki tambahan wawasan dengan alternatif ilmu ekonomi lainnya. Selain itu seminar tersebut juga diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi bahwa ada niatan untuk mengembangkan ekonomi syariah di UPDM(B).

 

Reporter : Amos Sury’el Tauruy / Fotografer : Amos Sury’el Tauruy

Editor : Rachma Putri Utami