Home Kampus Pelatihan Jurnalistik 2014 Usung Tema J’EXPOS

Pelatihan Jurnalistik 2014 Usung Tema J’EXPOS

751
0
SHARE

20140924_141546Diamma.com – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Diamma Moestopo kembali menggelar acara tahunannya yakni Pelatihan Jurnalistik (Pelatjur) 2014. Pelatjur tahun ini merupakan pelatjur ke 6 yang diselenggarakan oleh LPM Diamma. Acara tersebut digelar pada tanggal 23&24 September 2014 di Wisma Menpora, Jakarta.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ahmad Subagia selaku Ketua Pelaksana, sambutan dari Mahesa Nur Syafe’I selaku Pemimpin Umum LPM Diamma dan dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolis oleh perwakilan rektorat UPDM(B).

Tema besar yang diangkat tahun ini yaitu News Production, Ahmad Subagia menjelaskan maksud dari tema tersebut yaitu dalam news production terdapat berita tv, berita online, dan media cetak. Yang membedakan pelatjur tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah dari tema, jika tahun lalu mengusung tema travel journalism yaitu bagaimana mengambil nilai berita dalam travelling sedangkan tahun ini lebih kembali kepada dasar belajar menulis berita, pengambilan gambar dan live report, “bedanya di tema ya, tahun lalu itu tentang berita travel dan tahun ini lebih ke back to basic,” ujar Gia.

LPM Diamma menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya, seperti Mahendro Wisnu (Deputy Head Desk Investigation), Dita&Dina Faisal (News Presenter), Asep Saefulloh (Redaktur Pelaksana), dan Gustav Aulia (News Anchor). Tidak hanya acara seminar, namun kunjungan redaksi ke kantor Okezone juga termasuk dalam rangkaian acara.

Pelatihan jurnalistik kali ini dihadiri oleh sebanyak 93 peserta. Tidak hanya mahasiswa dari UPDM(B) saja, namun mahasiswa dari universitas lain seperti UNILA Lampung dan UPN Veteran pun turut hadir, bahkan siswa dari SMA 6 Depok juga turut meramaikan pelatihan jurnalistik tahun ini.

Retno Wulandari, mahasiswa UNILA Lampung mengatakan bahwa dirinya merasa puas dan senang mengikuti acara tersebut, “senang dan puas sama acaranya,” tutur Retno. Retno berharap pelatjur tahun-tahun selanjutnya akan lebih bagus lagi. Senada dengannya, Fatria Rinaldi mahasiswa Fikom UPDM(B) berharap kedepannya pesertanya bertambah banyak dan acaranya semakin baik.

Gia selaku Ketua Pelaksana berharap untuk pelatjur tahun selanjutnya bisa lebih baik dan menghadirkan pembicara-pembicara yang juga berkompeten dibidangnya, “semoga kedepannya semakin baik, dan pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya dapat dihadirkan,” tutup Gia.

 

Reporter : Ahmad Syauqi M / Fotografer : Rachma Putri Utami

Editor : Rachma Putri Utami