Home Kampus ‘Intip’ Sidang PBB Lewat Moestopo MUN 2014

‘Intip’ Sidang PBB Lewat Moestopo MUN 2014

712
0
SHARE

IMG_20140524_134103Diamma.com – Sabtu (24/05/14) bertempat di Aula FISIP UPDM(B), HMJHI UPDM(B) kembali mengadakan Moestopo Model Untied Nation (MUN). Kali ini Moestopo MUN mengangkat tema “Youth Role to Overcome The Extreme Climate Change on Global Scale”. Acara yang dibuat seperti simulasi sidang PBB tersebut dibuka dengan sambutan dari Mulyanto selaku Ketua Pelaksana. Dalam sambutannya Mulyanto menyampaikan bahwa terpilihnya tema tersebut karena keprihatinan akan perubahan iklim yang begitu ekstrim di dunia terutama di daerah Asia Pasifik. Acara tersebut berlangsung selama dua hari dan di dua tempat.

Hari kedua yaitu Minggu 25 Mei 2014 acara akan dilangsungkan di UPDM(B) kemudian dilanjutkan dengan acara table manner dan farewell party di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Peserta Moestopo MUN tidak hanya dari mahasiswa FISIP HI saja, namun mahasiswa FE dan mahasiswa universitas lain seperti Perbanas pun turut serta dalam acara tersebut.

Fadhli Syakirin salah satu peserta sebagai Delegasi Amerika Serikat mengatakan bahwa dirinya mengikuti acara tersebut untuk mencari pengalaman dan ingin mengetahui seperti apa konferensi PBB. Selain itu, Chryst Mey, Delegasi Malaysia dalam Moestopo MUN 2014 mengatakan bahwa acara tersebut bagus untuk melatih mahasiswa mencari solusi atas isu permasalahan yang ada.

ISAFIS (Indonesia Student Association for International Studies) turut hadir sebagai DIAS atau moderator dalam jalannya acara MUN tersebut.“Jalannya MUN itu debat terstruktur, mereka(RED – peserta) mewakili suatu negara dengan membawa ide-ide dari negaranya,” tutur Herlizar salah satu DIAS.

Herlizar menambahkan bahwa antusiasme dari peserta terasa begitu kental mengingat hari ini adalah hari pertama dilangsungkannya acara tersebut. M. Ivan Putra selaku Staff of Foreign Affair and Institutional Relations ISAFISmendukung Herlizar, “unexpected debat sehidup itu,” ujarnya.

Mulyanto selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa acara ini dapat terealisasikan dengan baik meskipun dengan persiapan yang minim dan tidak terlepas dari peran panitia didalamnya. Ia juga berharap agar pada hari kedua Moestopo MUN 2014 dapat berjalan lebih baik dan kedepannya biasterus berjalan dengan lancar.

 

 

Reporter : Nur Silmi Istiqomah / Fotografer : Nur Silmi Istiqomah

Editor : Rachma Putri Utami