Home Entertainment Gaya Hidup Tips Backpacker-an ke Dieng

Tips Backpacker-an ke Dieng

867
0
SHARE

20131224_080234Diamma.com – Berwisata menyusuri keindahan alam dapat menjadi salah satu pilihan alternatif dalam mengisi libur panjang. Perjalanan ala backpacker bisa menjadi opsi yang menarik karena tidak hanya bisa mengikuti perjalanan dengan harga yang murah, tapi juga sekaligus mampu mengenalkan kehidupan sosial.

Dataran tinggi Dieng, salah satu daerah di Wonosobo, Jawa Tengah, menawarkan keindahan alam seperti Gunung Prau, Bukit SiKunir, Telaga Warna, Dieng Plateu Theater, Candi Arjuna, Telaga Cebong, dan Candi Bima yang mempesona. Semakin indah dengan ditemani udara yang sejuk dan suasana pedesaan yang kekeluargaan.
Sebelum perjalanan dimulai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

  1. Persiapkan diri, periksa keadaan tubuh bila perlu ke dokter demi kelancaran perjalanan.
  2. Pilih waktu liburan tepat, yakni di bulan-bulan musim panas agar dapat merasakan indahnya bukit SiKunir dan Gunung Prau tanpa diselimuti banyak kabut dan hujan yang turun.
  3. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan bus tujuan Wonosobo dan kereta api tujuan Stasiun Purwokerto, pastikan pemesanan tiket sudah dilakukan minimal dua minggu sebelum keberangkatan.
  4. Segera booking tempat penginapan selama berada di desa sekitar Dieng.
  5. Jangan malu bertanya mengenai harga tranportasi dan wilayah wisata kepada warga sekitar untuk dapat menghindari tindakan pencaloan atau penipuan harga.
  6. Jangan lupa untuk membawa pakaian tebal karena suhu di daerah Dieng relatif dingin.
  7. Jangan membawa barang bawaan berlebih, karena akan merepotkan perjalanan anda.
  8. Pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat yang anda tuju.
  9. Persiapkan diri anda minimal pukul 04.00 WIB untuk berjalan mendaki ke bukit SiKunir atau bisa berkemah diarea puncak bukit untuk menunggu terbitnya matahari
  10. Jaga diri anda baik-baik.

Selamat berlibur!

 

Reporter : Dewi Savitri / Fotografer : Dok. Marini

Editor : Zeldjian Poetera Athallah