Home Sorot Diskusi Publik dan Launching Buku Research Komunikasi

Diskusi Publik dan Launching Buku Research Komunikasi

585
0
SHARE
DSCN5498
M.Qadari salah satu pembicara yang dihadirkan

Diamma.com – Kamis (18/12/2013) Serikat Perusahaan Pers (SPS) mengadakan diskusi publik di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta. Acara tersebut merupakan bentuk kerjasama antara SPS, Penerbit Lentera Ilmu Cendikia dan DASA Communications. Pada diskusi tersebut, acara dibagi menjadi empat sesi dengan menghadirkan pembicara yang berbeda-beda.

Sesi pertama mengusung tema “Bisnis Riset Komunikasi” dibawakan oleh M. Qodari selaku Direktur Eksekutif Indo Barometer dan juga merupakan praktisi di bidang penelitian dan riset. Dilanjutkan dengan sesi kedua yang bertema “Kebutuhan Riset Komunikasi dalam Bisnis” dengan pembicara Adita Irawati, beliau merupakan Vice President Corporate Communications of Telkomsel.

Sesi ketiga dibawakan oleh Ibnu Hamad yang merupakan akademisi sekaligus praktisi dalam riset komunikasi dan sekarang menjabat sebagai Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud. Tema yang dibawakan oleh Ibnu ialah “Tanggung Jawab Peneliti dalam Penelitian”

Pada sesi terakhir dibawakan oleh seorang penulis buku yaitu Ellys L. Pambayun, buku yang ia tulis berjudul “One Stop Qualitative

Research Methodology in Communication”. Buku tersebut diperkenalkan agar dapat menjadi referensi bagi para akademisi serta mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Ellys menyampaikan harapan agar nantinya buku tersebut bisa bermanfaat bagi para mahasiswa yang akan melakukan research.

Ellys menambahkan bahwa awal mula tercetusnya ide penulisan buku tersebut adalah karena belum ada buku yang merangkum semua metodologi penelitian kualitatif dan juga alasan lain adalah ia tidak terlalu tertarik dengan metodologi penelitian secara kualitatif.

Reporter : Amos Sury’el Tauruy / Fotografer : Amos Sury’el Tauruy

Editor : Rachma Putri Utami