Home News Teknologi Membangun Bangsa Lewat Media

Membangun Bangsa Lewat Media

667
0
SHARE
Ilustrasi sosial media
Ilustrasi sosial media

Diamma.com  – Media merupakan sesuatu yang tak asing lagi bagi masyarakat di seluruh penjuru dunia, termasuk salah satunya Indonesia yang memiliki perkembangan pesat dalam industri media. Baik media elektronik,  Cetak, dan masih banyak lagi media yang memberikan perkembangan untuk Indonesia.

Semakin berkembangnya media di Indonesia, semakin banyak pula dampak yang didapat. Jika berbicara dampak untuk bangsa Indonesia, pertanyaannya hanya satu, memberi dampak positif dan membuat Indonesia berkembang atau sebaliknya ? tentu sebagian besar berharap pertanyaan ini memiliki jawaban yang positif dan membawa perkembangan untuk bangsa Indonesia. Namun, media seperti apa yang bisa melakukan hal itu ?

Wishnutama, CEO salah satu stasiun tv swasta di Indonesia mengatakan bahwa media yang bisa membawa perubahan adalah media yang bisa menginspirasi bangsa ini. dan lewat konten atau isi medialah hal itu dapat dilaksanakan. “Konten adalah sesuatu yang paling penting dalam suatu media. Membuat konten yang dapat menginspirasi dan membawa perubahan positif kepada penontonnya adalah hal yang paling utama,” Ujarnya saat ditemui diamma.com di Ideafest, JCC, Senayan.

Tidak hanya itu ia juga menegaskan, “karena dengan konten yang baik dan positif akan dapat membuat para penontonnya menjadi lebih maju, dan membuat bangsa ini bukan menjadi bangsa yang penakut, ragu-ragu, bangsa yang tidak percaya diri, bahkan bangsa yang seperti tidak punya masa depan” tambahnya.

Bukan hanya konten yang diperhatikan untuk dapat membangun bangsa dengan media, tetapi harus fair and balance agar media selalu independen dan berimbang. Itulah kunci untuk dapat membangun suatu bangsa lewat media.

Menurutnya begitu banyak tantangan yang harus dilalui untuk membuat suatu media yang dapat menginspirasi penontonnya. Tantangan itu mulai dari distribusi, awareness, dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah jika kita dapat meyakini bahwa konten tersebut baik dan tetap menjadikan keterbatasan sebagai pendorong kita untuk tetap bersikap kreatif.

“Saat ini sudah banyak platform yang dapat dimanfaatkan. Youtube dan media social lainnya yang mudah diakses oleh siapapun memiliki potensi yang besar untuk dapat membuat media tanpa mengeluarkan uang sepeser pun,” tutupnya.

Jadi, membangun bangsa lewat media rupanya seperti menjadi suatu tanggung jawab untuk para media player. Dengan bersikap kreatif, open minded, peka terhadap keadaan sekitar dan bisa menerima perkembangan dan perubahan di dunia secara positif adalah kunci utama dalam mendirikan dan mengembangkan media.

Reporter : Annisa Pratiwi / Foto: Google

Editor : Erwin Tri Prasetyo