Home Kampus Senat Fikom Peringati Sejarah Lewat Seminar G-30 S

Senat Fikom Peringati Sejarah Lewat Seminar G-30 S

691
0
SHARE
ilustrasi
ilustrasi

Diamma.com – Jelang hari peringatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia, atau yang lebih kita kenal dengan G-30S PKI. Senat mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM (B), turut berpartisipasi dengan menggelar seminar yang mengusung tema “Memperingati Hari G-30 S sebagai kaum intelektual berani untuk menyikapi pergeseran peristiwa sejarah yang dibuat oleh penguasa orde baru”.

Seminar tersebut, bertujuan untuk merangsang pemikiran mahasiswa dalam hal kepekaan terhadap sejarah yang ada di Indonesia dan menumbuhkan rasa peduli akan pentingnya sejarah bagi bangsa ini.

Seminar yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa Fikom tersebut, akan dilaksanakan pada Senin, (30/9/13) dan bertempat di ruangan Lab Humas Fikom. “Seminar ini diadakan dalam rangka memperingati hari bersejarah yang pernah terjadi di Indonesia, dengan harapan setelah kegiatan ini, saya dan teman-teman mahasiswa yang notabennya sebagai kaum intelektual, dapat mengetahui dan mengingat kembali sejarah G-30 S serta memiliki sikap berani dalam menyikapi peristiwa sejarah,” tutur Ega De Melaz  selaku Ketua Senat Fikom.

Rencananya, acara akan dibuka dengan pemutaran film tentang G-30 S, dan dilanjutkan diskusi tanya jawab dengan peserta, yang akan dibawakan oleh 2 orang pembicara handal yaitu Arif Zulkifli selaku Redaktur Eksekutif Majalah Tempo dan Boni Triyana sebagai Sejarawan, serta untuk hiburannya,  akan ada pula sajian musik lewat penampilan dari WKM KOSMIK UPDM (B) yang akan mengiringi jalannya acara.

Selain mendapat sertifikat, peserta seminar khususnya bagi 100 pendaftar pertama, tidak akan dipungut biaya apapun. Kegiatan ini merupakan aktualisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan.

“Dengan adanya seminar G-30 S ini, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui kebenaran dari salah satu sejarah yang pernah terjadi di Indonesia yaitu peristiwa G-30 S,” ujar Nungky Rizky Respati selaku Ketua Pelaksana.

Reporter : Maria Ulfha / Foto : Ilustrasi Google

Editor : Erwin Tri Prasetyo