Home Kampus Ukir Perubahan Fisip Pada Dekan Baru

Ukir Perubahan Fisip Pada Dekan Baru

672
0
SHARE

IMG-20130601-WA002Diamma.com – Pemilihan dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik periode 2013-2017 menetapkan Himsar Silaban sebagai dekan yang terpilih untuk kedua kalinya. Pelantikan yang dihadiri oleh rektor UPDM(B) berserta jajarannya, digelar pada Rabu (03/07/2013) di aula FISIP pukul 11.00 sampai dengan selesai.

Terpilihnya ia sebagai dekan untuk periode kedua dilakukan melalui proses yang telah tertulis dalam statuta yakni membuat Laporan Pertanggung Jawaban, yang akhirnya diterima oleh Senat Fakultas kemudian diajukan lagi kepada Senat Universitas dan masuk ke Yayasan UPDM (B).

Sejak awal terpilihnya ia sebagai dekan, perubahan visi dan misi pun dilakukan mulai dari perubahan kurikulum, peningkatan mutu dosen dengan tingkat kelulusan S3 baik jurusan Hubungan Internasional maupun Administrasi Negara, serta peningkatan sarana dan prasarana seperti perpustakaan.

Terobosan baru juga sudah dipersiapkan untuk kemajuan FISIP, yakni dengan membuat konsep program study baru Administrasi Bisnis yang saat ini sedang dalam proses pengajuan dari rektor dan jajaran fakultas, dan setelah itu akan kita ajukan ke DIKTI.

Selain itu Himsar juga menambahkan bahwa perlunya peninjauan kembali pada struktur organisasi yang ada saat ini, agar sesuai dengan kebutuhan. “Wakil dekan cukup dua saja, kaprodinya yang harus diperkuat dengan kajian-kajian, dan saran saya biarlah rektorat yang bertanggung jawab atas administrasi mahasiswa sedangkan fakultas bertanggung jawab penuh pada penguatan program study,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pemangkasan wakil dekan dilakukan agar jalur birokrasi tidak terlalu banyak sehingga langsung pada kepentingan mahasiswa. “Saran kita yakni wakil dekan satu untuk akademik dan wakil dekan dua untuk non akademik, kemudian program study yang nantinya akan kita perbanyak memungkinkan adanya sekertaris program study dan kepala pusat kajian program study,” tambahnya.

Ia berharap ditahun kedua kepemimpinannya ini terjadi peningkatan dalam segala bidang, terutama pada kualitas dosen. “Dulu tidak ada dosen yang bergelar doktor pada jurusan Administrasi Negara, namun saat ini terdapat empat dosen Administrasi Negara yang telah bergelar doktor, dan ini akan terus kita tingkatkan juga pada Hubungan Internasional yang saat ini sudah  memiliki dua dosen yang bergelar doktor. Selain itu peningkatan fasilitas seperti ruangan seminar dan laboratorium yang selesai pada bulan November nanti diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa terumata untuk kegiatan workshop yang biasa dilakukan oleh Mahasiswa Himpunan, baik HI ataupun AN,” harapanya.

 

Reporter : Siti Farhani / Fotografer : Kharis Karim

Editor : Tio Raja Sulaiman