Home News 30 Orang Tewas Dalam Gempa Aceh

30 Orang Tewas Dalam Gempa Aceh

793
0
SHARE

2112028-gempa-aceh-620X310Diamma.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa data sementara mencatat 30 orang meninggal dunia dalam gempa berkekuatan 6,2 skala Richter yang melanda Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (3/7/2013).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, selain 30 korban tewas, tercatat 12 orang hilang, dan 275 warga lainnya terluka. Perinciannya, di Bener Meriah 12 orang tewas dan 109 korban luka-luka, sementara di Aceh Tengah 18 orang meninggal dan 12 orang hilang, serta 166 terluka.

Korban luka-luka semuanya dirawat di rumah sakit atau puskesmas serta sebagian lainnya menjalani rawat jalan. Korban yang menderita luka serius dirujuk ke RS Banda Aceh. Sutopo menjelaskan, semua korban meninggal sudah teridentifikasi, baik nama, usia, maupun alamat yang bersangkutan. Sebagian besar korban adalah anak-anak dan warga lanjut usia yang tertimpa reruntuhan bangunan.

“Penanganan darurat gempa bumi di Bener Meriah dan Aceh Tengah terus dilakukan. Fokus utama pada hari ketiga masih dilakukan upaya pencarian dan penyelamatan korban, layanan kesehatan, dan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi,” papar Sutopo. Menurut catatan BNPB, di Kabupaten Bener Meriah 789 rumah rusak, dengan perincian 537  rumah mengalami rusak sedang hingga berat dan 252 unit rumah rusak ringan.

Editor : Erwin Tri Prasetyo

Sumber : Kompas.com