Home News Malam Pergantian Tahun, Jokowi Adakan “Car Free Night”

Malam Pergantian Tahun, Jokowi Adakan “Car Free Night”

805
0
SHARE
Car Free Night yang pernah ada di Solo
Car Free Night yang pernah ada di Solo

Diamma.com – Car free night atau malam bebas kendaraan bermotor adalah acara yang pernah dilakukan pada pergantian tahun di kota solo semasa Jokowi menjabat menjadi walikota.

Pada perayaan tahun baru 2013 ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akrab di sapa Jokowi mencoba menerapkan di Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta berencana akan  menutup  jalan Bundaran Senayan sampai dengan Harmoni.

Penutupan jalan ini dilakukan pada hari Senin (31/12/2012) pukul 21.00 WIB dan jalan akan dibuka kembali  pada hari Selasa (1/1/2013) pukul 02.00 WIB, guna mendukung berjalanya car free night yang diadakan pada malam pergantian tahun ini.

Berikut ini kemungkinan rute pengalihan arus lalu lintas terkait pelaksanaan “car free night”

Traffic Light Harmoni

Penutupan Jl. Majapahit. Kendaraan dari arah utara diarahkan ke Jl.Ir. Juanda atau ke arah Jl.Suryopranoto.

Traffic Light Oteva

Penutupan Jl.Medan Merdeka Barat arah selatan. Kendaraan diarahkan menuju Jl. Majapahit-Harmo­ni.

-Bundaran Air Mancur

Penutupan Jl.MH. Thamrin arah selatan dan penutupan Jl Medan Merdeka Barat.Kendaraan diarahkan menuju Jl. Medan Merdeka Selatan dan ke Jl. Budi Kemulyaan.

Traffic Light Kebon Sirih

Penutupan Jl. MH Thamrin arah utara dan selatan.Kendaraan diarahkan menuju ke Jl. Kebon Sirih arah timur (arah Tugu Tani) dan ke arah barat (arah Tanah Abang).

Traffic Light Sarinah

Penutupan Jl. MH Thamrin arah utara dan selatan.Kendaraan diarahkan menuju Jl. Wahid Hasyim arah barat (arah Tanah Abang) dan ke arah timur (arah Traffic Light Sabang).

– Bundaran HI

Kendaraan diarahkan menuju ke Jl. Imam Bonjol-Traffic Light Cokro dst. Kendaraan diarahkan menuju ke Jl. Tanjung Karang- Jl. Kendal dst.

– Dukuh Atas

Penutupan Dukuh Atas arah utara. Kendaraan diarahkan menuju ke Traffic Light Dukuh Bawah.

– Dharmala

Penutupan Jl.Jenderal Sudirman arah utara. Kendaraan diarahkan menuju Jl. Mas Mansyur-Traffic­ Light Karet dst

– Semanggi

Penutupan Jl.Jenderal Sudirman arah utara.Kendaraan diarahkan menuju Jl. Jenderal Gatot Subroto arah timur (arah Cawang) dan ke selatan (arah Blok M).

– Bundaran Senayan

Penutupan Jl. Jenderal Sudirman arah utara. Kendaraan diarahkan ke Jl. Hang Tuah dan diarahkan ke Jl. Sisingamangaraj­a.

Untuk alternatif tempat parkir, pihak Polda Metro Jaya telah menyiapkan lahan parkir di lapangan Irti Monas dan Parkir Timur Senayan. Menurut Aminah salah seorang warga Jakarta, “malam pergantian tahun ini terlihat lebih menarik jika memang akan diadakanya car free night beda dengan yang sudah-sudah.” Memang kali ini Jokowi membuat acra agar lebih dekat dengan warganya.

“ Semoga di tahun 2013 kehidupan bisa lebih baik lagi, banyaknya lapangan pekerjaan serta harga barang pokok tidak terus naik,” harapnya sambil tersenyum.

Reporter : Sri Rizqi Gustiarini / Foto : Antara

Editor : Erwin Tri Prasetyo