Home News Olahraga 5 Keunggulan Stadion Baru Jakarta Seharga 1 Triliun

5 Keunggulan Stadion Baru Jakarta Seharga 1 Triliun

881
0
SHARE

Diamma.com –Provinsi DKI Jakarta berencana membuat stadion baru berarsitektur modern dengan tetap menunjukan ciri khas budaya lokal. Stadion bernilai 1.05 triliun tersebut rencananya akan menggunakan desain menyerupai bentuk sorban, yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi.

Stadion yang akan digunakan sebagai home base tim Persija Jakarta ini nantinya dapat menampung hingga 50 ribu penonton. Dengan arsitektur berstandar internasional, stadion rancangan Tiyok Prastyoadi –arsitek yang memenangkan sayembara desain pembangunan, stadion ini memiliki beberapa kelebihan.

Ini lah lima keunggulan stadion seharga 1 Triliun tersebut:

1. Diilhami Budaya Lokal

Lilitan sorban yang mengelilingi stadion adalah komitmen untuk mengangkat budaya lokal melalui desain stadion bertaraf internasional. Selain diinspirasi oleh sorban yang merupakan ciri khas masyarakat Betawi, logo olimpiade yang berbentuk ring juga turut menginspirasinya.

Ring dalam balok sorban yang nantinya akan meilit di atas stadion memiliki arti dinamis pada stadion yang dibangun di Taman BMW. Tak sebatas sorban, Gubernur DKI Jakarta juga meminta agar dipasang ornamen Betawi di beberapa tempat di stadion, seperti pintu masuk.

2. Hemat Energi, Save the Planet

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi ingin setiap lahan yang tersisa dalam pembangunan stadion nanti dipergunakan sebagai lahan terbuka hijau. Selain itu, stadion ini nantinya juga dilengkapi filter pengelolaan air, lampu hemat energi dan juga pusat olahraga air yang berpusat di pinggir Danau Sunter.

“Arahan gubernur juga menginginkan agar di sekitar danau dihijaukan. Jadi nantinya pemakaian air didaur ulang, lampu-lampunya hemat, intinya air bersih, masalah energi, air, penghijauan itu sendiri, kebersihan pengunjung dan penggunaan energi sehemat mungkin,” tandas Tiyok.

3. Mengusung Konsep Go Green

Tak hanya lahan tersisa yang akan ditanami pepohonan. Stadion ini nantinya juga akan dilengkapi oleh taman yang dipenuhi banyak tumbuhan hijau. Dari total 66 hektar, rencananya 30 hektar diperuntukkan untuk pembangunan taman hijau. Sedangkan sisanya akan diisi oleh Taman Wisata Air.

Empat taman yang rencananya akan dibuat di Stadion baru itu adalah taman olahraga, taman wisata air, taman tropis dan juga taman edukasi. Seperti umumnya stadion di negara Eropa, lanjut Tiyok, yang sudah memiliki standar stadion FIFA, jika nantinya stadion tersebut tidak dipergunakan untuk ajang laga internasional ataupun lainnya, taman tersebut bisa digunakan warga untuk berwisata dan juga belajar.

4. Parkir Luas Bawah Tanah

Belajar dari pembangunan SUGBK yang menggunakan taman sebagai lahan parkir, stadion baru ini nantinya akan dilengkapi dengan parkir luas di di bawah tanah. Total parkir di basement nantinya akan menampung 5.000 mobil dan 1.000 sepeda motor.

Lahan terbuka juga bisa dimanfaatkan untuk juga bisa ajang nonton bareng guna mewadahi penonton yang tidak bisa masuk ke dalam stadion.

5. Dilengkapi Lapangan Latihan Standar FIFA

Stadion baru ini nantinya akan dilengkapi dengan dua lapangan latihan standar FIFA. Sesuai regulasi FIFA, satu stadion harus memiliki dua lapangan pemanasan. Stadion ini juga nantinya akan memiliki dua pintu masuk, yaitu pintu utama untuk tuan rumah, dan pintu untuk tim tandang guna mencegah bentrok yang kerap terjadi.

Selain itu, stadion ini juga akan diintegrasikan dengan sistem transportsi massal seperti kereta api dan bus, serta akses masuk ke jalan tol.

Editor: Mahesa Nur Syafe’i

Sumber: bola.net