Home News First They Killed My Father: Trauma Seorang Anak Kamboja di Bawah Rezim...

First They Killed My Father: Trauma Seorang Anak Kamboja di Bawah Rezim Khmer Merah

737
0
SHARE

Judul Buku: First They Killed My Father

Penulis: Loung Ung

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

“I am six years old and instead of celebrating with birthday cakes, I chew on a piece of charcoal,” –Loung Ung.

Berangkat dari kisah nyata, buku ini bercerita tentang kehidupan Loung Ung bersama enam saudara kandung dan orang tuanya di ibu kota Kamboja, Phnom Penh. Kehidupan istimewa itu ia jalani sampai usia lima tahun. Hingga pada April 1975, pasukan Khmer Merah Pol Pot menyerbu masuk ke kota itu.

Ung dan keluarganya terpaksa melarikan diri hingga akhirnya tercerai-berai. Loung dididik menjadi tentara anak di kamp kerja untuk anak-anak yatim piatu. Sementara itu, saudara-saudarinya dikirim ke kamp-kamp pekerja. Dan mereka yang selamat dari kengerian itu tidak bersatu kembali hingga Khmer Merah dihancurkan.

Buku ini mengisahkan kekejaman yang terjadi di Kamboja pada saat itu dengan apik. Sebagai orang yang mengalami langsung kejadian tersebut, Ung dapat menggambarkan kengerian serta kepiluan yang dirasakannya dan korban lainnya.

Tak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto Ung dan keluarganya. Ini tentu saja menguatkan gambaran pembaca tentang Kamboja pada masa itu.

Bagi Diammania yang gemar membaca dan sejarah, buku ini dapat menjadi alternatif untuk mengetahui pergolakan yang terjadi di Kamboja pada 1970-an dengan cara yang tidak membosankan.

Resensator/Editor: Dila Putri

Foto: Google