Home Kampus Mengenal Lebih Jauh Penulisan Media Cetak di KUBJ 2012

Mengenal Lebih Jauh Penulisan Media Cetak di KUBJ 2012

756
0
SHARE
Rektor saat memberikan sambutan

Diamma.com – Kuliah umum berbasis jurnalistik tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Disini para mahasiswa dibantu untuk lebih mengenal dan belajar tentang penulisan media cetak. Acara yang dilaksanakan pada Kamis tepatnya (18/10/2012), banyak mendapat respon, baik dari Fikom, FE, FISIP dan FKG. Diamma menghadirkan Djaka Susila dari koran Sindo dan Iman Santosa dari Jakarta Post.

Pada kuliah umum berbasis jurnal mereka menjelaskan bagaimana penulisan media cetak. Misalkan saja  Djaka Susila menjelaskan bagaimana menulis dan belajar ruang lingkup berita seperti apa. “Faktual dan aktual adalah hal yang wajib dalam media,” ujar Djaka Susila.

Bahasa jurnal yang lugas, singkat, praktis juga ada dalam media. Selain itu ketepatan dampak beritanya juga sangat penting. Djaka Susila menambahkan bahwa dampak paling penting karena dapat mempengaruhi banyak orang.

Novan Iman Santoso dari Jakarta Post menambahkan bahwa lead dan flow merupakan sesuatu yang paling penting dan termasuk dalam media cetak. Karena lead dan flow dapat menunjang sebuah tulisan dapat menunjang tulisan dalam koran.

KUBJ ini juga mendapatkan respon yang baik dan positif dari mahasiswa. “Ya ini menarik, yang tadinya belum tau jurnalistik media cetak jadi bisa tau. Terutama bagi kita yang pemula itu berarti banget buat kedepanyaa” ujar Dani Rahmadi dari FIKOM 2012.

Dani berharap agar mahasiswa bisa lebih aktif dan tertarik untuk mengikuti acara seperti ini agar nanti kedepanya bisa lebih tau tentang dunia jurnalistik.

Reporter : Nadia Andriyani

Editor : Deska Yunita