Home Kampus Lika-Liku Pemilihan Ketua BPM FISIP

Lika-Liku Pemilihan Ketua BPM FISIP

632
0
SHARE
Acara Pemilihan Ketua BPM FISIP

Diamma.com – Setelah satu minggu bekerja mencari delegasi Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP periode 2012-2013, tim formatur pada hari jumat tanggal 19 Oktober 2012 telah berhasil mendapatkan 16 orang delegasi dari kelas Hubungan Internasional dan Administrasi Negara, dari angkatan 2009 sampai 2011.

Fela Suvah salah satu tim formatur mengatakan, menurut surat tugas yang diberikan oleh Dekan FISIP, masa tugas tim formatur sampai tanggal 19 oktober 2012 namun akan diperpanjang sampai pelantikan anggota BPM. Namun menurut Fela ia belum melihat surat perpanjangan tugas “ aslinya menurut surat tugas kerja kami hanya sampai tanggal 19 Oktober namun dekan memperpanjang surat tugas kami.”

Pada tanggal 19 oktober 2012 telah diselenggarakan pemilihan ketua BPM FISIP, acara pemilihan ini dilakukan pada jam 14.00 mundur satu jam dari jadwa semula. Sebanyak 11 anggota delegasi BPM hadir pada acara tersebut, hadir pula Elis Teti Rusmiati kasubag Kemahasiswaan FISIP.

Acara pemilihan ketua BPM sudah berjalan seru ketika pembacaan kriteria ketua BPM masih dibacakan, ada beberapa delegasi yang kurang puas dengan kriteria yang diberiakan tim formatur. Seperti pada poin kriteria keempat yaitu persyaratan hanya angkatan 2009 yang dapat menjadi ketua BPM, ada beberapa delegasi yang berasal dari angkatan 2010 berpendpat kurang setuju dan menyatakan keberatan sehingga terjadi perdebatan antara delegasi 2009 dengan delegasi 2010.

Akhirnya perdebatan ini ditengahi oleh Elis Teti Rusmiati selaku perwakilan dari fakutas. Perdebatan kembali terjadi ketika pembacaan kriteria poin ketujuh, yaitu poin yang berbunyi syarat menjadi ketua BPM harus pernah aktif di lembaga FISIP UPDM(B).

Poin ini menjadi polemik karena beberapa delegasi belum pernah aktif di lembaga FISIP UPDM(B) tapi pernah dan sedang aktif di lembaga luar FISIP, namun menurut delegasi lain ketua BPM harus pernah setidaknya satu tahun berada di kelembagaan FISIP. karena menurut Iga permata sari salah satu delegasi untuk menjadi ketua BPM haruslah dari orang yang sudah mengerti tentang kelembagaan FISIP.

Namun hal itu disanggah oleh Siti Wulandari yang menyatakan menjadi ketua BPM tak perlu berasal dari lembaga FISIP, dan perdebatan semakin panjang ketika mahasiswa umum yang hadir memberikan pendapat mengenai menjadi ketua BPM tidak harus berasal dari orang yang pernah ikut lembaga FISIP. Perdebatan ini terhenti ketika kata-kata di dalam poin tersebut diganti menjadi, syarat menjadi ketua BPM harus dari mahasiswa yang pernah aktif di organisasi UPDM(B) minimal satu tahun.

Elis Teti Rusmiati sebagai kasubag mengaku senang dengan jalannya acara pemilihan ketua BPM “saya senang, karena demokrasinya berjalan baik, saya sebagai orang tua tidak terlalu masuk lebih dalam  saya hanya mengarahkan, saya rasa semua yang berhubungan dengan keputusan sudah bisa dilakukan.”

Reporter : Bagus Prayogo / Fotografer : Bagus Prayogo

Editor : Erwin Tri Prasetyo