Home News Upaya Menyelamatkan Ibu Pertiwi

Upaya Menyelamatkan Ibu Pertiwi

718
0
SHARE

Diamma.com– Global Warming bukanlah hal yang asing lagi bagi para penduduk bumi. Global Warming yang merupakan fenomena meningkatnya suhu bumi sudah menampakan dampak- dampak yang kini mulai dirasakan manusia.

Hampir di setiap belahan bumi, masing- masing penduduknya mencari akal untuk membantu mengurangi kerusakan- kerusakan ini, tidak terkecuali Indonesia. Hampir semua kalangan penduduk Indonesia berusaha mengobati ibu pertiwi, Nina Septiani salah satunya.

Wanita yang akrab dipanggil Nina ini adalah seorang duta lingkungan yang merupakan finalis dari salah satu produk susu di tahun 2011. Nina yang merupakan Alumni lulusan Universitas Al-Azhar Indonesia ini, memberikan saran atau alternatif yang bisa dilakukan oleh para pemuda-pemudi  ataupun pihak- pihak berwenang seperti pihak sekolah atau pihak kampus.

Baginya hal itu bisa dimulai dari hal- hal kecil seperti hemat dalam penggunaan air dan listrik, mengurangi pemakaian plastik, tidak menggunakan parfume yang mengandung aerosol, tidak sembarangan membuang sisa obat- obatan yang megandung zat kimia, karena zat kimia tersebut bisa merusak tanah, dan tidak terlalu sering mengkonsumsi junk food, karena sebenarnya junk food adalah penyumbang global warming terbesar. Nina mengaku semua hal ini dilakukan dalam kesehariannya.

Tidak hanya itu Nina juga memberi saran bagi pihak sekolah atau kampus seperti misalnya melakukan pemisahan sampah dan mengolah sampah organik menjadi pupuk, lalu juga bisa dengan menanam pohon sebanyak mungkin seperti menaruh pot- pot kecil di balkon atau koridor bangunan sekolah atau kampus, dan Nina juga menyarankan pihak sekolah atau kampus bisa membuat kegiatan mahasiswa yang bekerjasama dengan Komunitas Indonesia Berkebun, untuk membuat kebun- kebun kecil yang terdiri dari beberapa jenis sayuran. Mudah bukan? Kalau begitu tunggu apalagi.

Reporter: Fitriana Hidemi & Achmad Rafiq

Editor : Deska Yunita