Home Travel Pesona Wisata Budaya Candi Perambanan

Pesona Wisata Budaya Candi Perambanan

775
0
SHARE

Diamma.com – Bila anda sedang berwisata ke provinsi Yogjakarta, mungkin biasanya anda mengunjungi tempat-tempat populer seperti Malioboro dan Keraton. Selain itu tidak ketinggalan, wisata populer lainnya yakni wisata bersejarah Candi Prambanan.

Candi yang mempunyai nama lain Candi Loro Jonggrang ini terletak di Jl. Raya Jogya – Solo Km 16, Prambanan Sleman, Yogyakarta 55571. Candi Prambanan termasuk kedalam kelompok percandian hindu.

Di dalam area kompleks terdapat  Candi Siwa, Candi Brahma, Candi Wisnu, Candi Nandi, Candi Angsa yang didalamnya terdapat berbagai macam arca. Salah satunya yang paling terkenal adalah arca loro durga atau loro jonggrang, yang ceritaanya menjadi legenda sampai saat ini sehingga menarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Wisata yang memiliki luas areal sekitar 38,9 ha ini, banyak dikunjungi turis lokal dan mancanegara. Harga tiket masuknya pun relatif murah, sebesar lima belas ribu rupiah.

Sebelum kita masuk kedalam, bisanya kita akan diajak untuk memakai kain batik, hal ini bertujuan untuk mempromosikan batik dan memberi kanyamanan, terutama pada turis asing yang akan mengelilingi candi.

Di area sekitar candi, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai hiburan, seperti disediakanya taman bermain anak, museum candi, dan alunan musik  khas jawa. “Candi ini cocok banget ya buat wisata. Karena selain menghibur bisa menambah wawasan terutama di bidang sejarah,” tutur Nani Safitri, salah satu pengunjung.

Selain itu, Candi Prambanan juga menawarkan kepada para pengunjung untuk datang mengunjungi candi-candi disekitar prambanan. Pengunjung cukup menambah uang lima ribu rupiah dari tiket masuk masuk awal, yang nantinya akan diantar ke candi sekitar prambanan.

Salah satunya ialah Candi Boko yang terletak diatas bukit. Dengan begitu, pengunjung sudah sangat dimanjakan dengan wisata budaya pengetahuan yang tidak menguras banyak biaya.

 

Reporter: Nadia Andriani / Fotografer: Nadia A.

Editor: Frieska M.