Home Kampus Akreditasi Program Studi Manajemen FE “Membaik”

Akreditasi Program Studi Manajemen FE “Membaik”

662
0
SHARE

Fakultas Ekonomi UPDM (B)

Diamma.com – Proses yang cukup panjang telah membuahkan hasil bagi Fakultas Ekonomi UPDM (B), khusunya Program Studi Manajemen.

Setelah beberapa waktu terakhir Program Studi Manajemen menyandang akreditasi  C, yang sempat meresahkan para pengajar dan peserta didik. Kini keresahan tersebut sudah tidak perlu dirasakan lagi.

Sejak tanggal (10/02/2012), melalui surat kuasa yang diturunkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN–PT), nomor 053/BAN–PT/AK/XIV/S1/II/2012. Memutuskan bahwa, Program  Studi Manajemen kini telah menyandang akreditasi B.

Saat ditanyai diamma.com mengenai proses penilaian yang dijalankan untuk perubahan akreditasi ini, Sumarhadi selaku PJ. Dekan FE UPDM (B) menjawab dengan lugas. “Prosesnya, kita berusaha melengkapi dokumen–dokumen yang sesuai dengan borang akreditasi, borang tersebut berupa daftar–daftar instrument penilaian kualitas.”

Akreditasi ini bukan tidak melalui proses yang mudah, banyak kendala–kendala yang dihadapi. Pertama, untuk mengisi borang tersebut, belum tentu pihak Fakultas mengerti maksud dari pertanyaan yang ada di borang. Kadangkala ada interpretasi yang tidak pas yang dimaksud oleh BAN–PT dengan pihak Fakultas.

Kedua, sulitnya menemukan dokumen yang telah lama. Dan masih banyaknya sarana dan prasarana yang belum maksimal, yang merupakan salah satu bagian penting dari penilaian.

Untuk penginformasian kepada mahasiswa, Sumarhadi berencana akan mengundang Senat dan BPM FE UPDM (B) untuk memberikan pemberitahuan secara resmi mengenai hal ini.

Hal ini cukup banyak membawa angin segar bagi mahasiswa Program Studi Manajemen. “Ya baguslah sudah naik, semoga tidak turun lagi dan bisa menjadi akreditasi A nantinya,” ucap Ikhsan, FE 2010.

Senada dengan Ikhsan, Sastia mahasiswi FE 2010 bersyukur mendengar kabar baik tersebut. “Alhamdulillah, semoga fasilitas yang kurang mendukung segera diperbaiki, dan semoga FE bisa meningkatkan eksistensinya di lingkungn UPDM (B).”

Sambil mengakhiri wawancara, Sumarhadi menyampaikan harapannya. “Semoga tahun yang akan datang kita dapat menyandang akreditasi  A, tapi dengan akreditasi B ini,  saya berharap Fakultas Ekonomi dapat meningkatkan kualitas, baik dari segi kurikulum dan para pengajarnya.”

Reporter: Novita Uli Utami & Maria Ulfha / Foto: Frieska.

Editor: Frieska M.