Home Kampus FISIP Usung Mata Kuliah Baru

FISIP Usung Mata Kuliah Baru

750
0
SHARE

Novita Rakhmawati, S.Sos.,MA.(Kaprodi Ilmu Hubungan Internasional)

Diamma.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Univ. Prof. DR. Moestopo (Beragama), kini menambah mata kulia baru yaitu magang, dimana magang ini diperuntukan untuk mahasiswa FISIP yang sudah disemester 7, khususnya angkatan 2009 kebawah, sedangkan untuk angkatan 2008 keatas, mereka tidak diwajibkan untuk menjalani mata kuliah tersebut. Tujuan diadakannya mata kuliah ini, agar mahasiswa Fisip mendapatkan pengalaman dan tidak merasa kaget ketika masuk kedalam dunia kerja, serta untuk membantu mahasiswa dalam bidang akademis, seperti mengumpulkan data untuk menyusun skripsi.

Bagaimana prosedurnya? “prosedur untuk melakukan magang sendiri, mahasiswa terlebih dahulu membuat surat pengajuan magang kepada pihak fakultas yang bersangkutan, kemudian pihak fakultas memberikan persetujuan, apabila sudah sesuai dengan keinginannya”, tukas Novita, selaku Kaprodi Ilmu Hubungan Internasional, wanita berjilbab ini juga menambahkan, untuk mengenai tempat magang, mahasiswa bisa mencari tempat magang sendiri atau pihak fakultas juga bisa memberikan arahan tempat magang, yang terkait dengan topik skripsi yang mereka ambil. Untuk seberapa banyak waktu yg akan dijalankan, biasanya antara 1-3 bulan, sesuai dengan permintaan dari instansi tempat mahasiswa magang.

Novita berharap, agar pihak universitas dapat memfasilitasi pihak fakultas, dengan membuat surat kerjasama dengan institusi atau instansi terkait, agar mahasiswa lebih mudah dalam mendapatkan tempat magangnya, tegasnya saat diamma.com temui dirungannya (21/12). Stevani-FISIP 2009, beranggapan bahwa dengan adanya magang ini, mahasiswa bisa tahu bagaimana menghadapi dunia kerja seperti apa dan mendapatkan pengalaman sebelum kerja yang sebenarnya. ”Semoga program magang ini bisa terus dipertahankan, karena dapat memberikan pengalaman berharga, sebelum kita mendapatkan gelar Strata 1 (S1)”, harapnya. Bagaimana dengan fakultas lain di UPDM (B) yang belum menerapkan mata kuliah magang?

Reporter : Achmad Rafiq/ Fotografer :Achmad Rafiq

Editor : Frieska M.