Home Kampus Kuliah Ini Berbasis Jurnalistik

Kuliah Ini Berbasis Jurnalistik

590
0
SHARE

Penyerahan kenang - kenagan dari LPM Diamma oleh Fariz Afif Sudrajat (kiri) bersama Wens Manggut (kanan)

Diamma Kamis (20/10/2011) Pentingnya informasi di era globalisasi saat ini menjadi  latar belakang dikemasnya kegiatan Kuliah Umum Berbasis Jurnalistik I (KUBJ I). Salah satu Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang bertempat di Univ. Prof Dr. Moestopo (Beragama) berinisiatif membuat rangkaian acara ini, dimana mahasiswa baru dari angkatan 2010 dan 2011 gratis untuk mengikuti acara ini. KUBJ I adalah kegiatan perdana dari LPM Diamma yang bermarkas di PKM 04, sebelumnya Diamma telah mengadakan Pelatihan Jurnalistik yang diadakan dua hari itu membahas hal  mengenai “ Behind The TV News Productions ”.  Peserta diajarkan dan diberi pemahaman mengenai bagaimana cara mengolah berita sampai di publikasikan di Televisi“. Kali ini Diamma mencoba memberikan yang terbaik kepada mahasiswa/i  UPDM(B) dalam hal Jurnalistik, selain itu kami tidak hanya berkegiatan Jurnalistik saja tetapi kami juga memberikan pemahaman bagaimana cara memanajemen suatu organisasi “ Ujar Fariz Ketua Pelaksana KUBJ I dan  Pengembangan Jaringan Internal Diamma.

Acara ini sekaligus memperingati rasa syukur karena website diamma.com yang dimiliki LPM Diamma  telah berusia 1 tahun. “ Masih harus banyak belajar lagi, dan meningkatkan eksistensi di dalam kampus maupun luar kampus,dan juga harus terus memberikan informasi yang banyak demi memenuhi kebutuhan informasi masyarakat moestopo dan masyarakat luar  pada umumnya “, ucap Drs. Herry Prayitno Wakil Rektor III bagian kemahasiswaan dan alumni.

Dalam kegiatan ini Diamma bekerja sama dengan vivanews.com, untuk menjadi pembicara  dalam pembawaan materi kuliah. Karaniya Dharmasaputra sebagai Pimpinan Redaksi, menerangkan bagaimana perkembangan media online di Indonesia yang sudah pesat. Dalam KUBJ I ini rekan –  rekan Diamma juga memberikan kesempatan kepada teman-teman mahasiswa untuk mengikuti lomba penulisan media online yang nantinya 3 penulis terbaik  akan di publish di diamma.com dan vivanews.com. Sebelum mengikuti perlombaan penulisan, peserta angkatan 2010 dan 2011 dibekali juga pemahaman mengenai dasar-dasar Jurnalistik seperti, tehnik penulisan, tehnik wawancara dan jenis – jenis berita oleh Wens Munggut Redaktur Pelaksana vivanews.com yang bermarkas di Kuningan, Jakarta.

Tak hanya itu, beliau  juga berbagi pengalaman ketika beliau menjadi wartawan dulu, “ Semoga saja KUBJ I ini akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan, dan memiliki tema acara yang lebih baik lagi, dan melalui acara ini juga diamma dapat mengembangkan eksistensinya di Moestopo maupun diluar ”, Harap Fariz yang biasa disapa Fay Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi 2009. Kegiatan ini juga dirasakan positif oleh Yohana Karlina salah satu peserta KUBJ I “ kegiatannya benar benar Wordtit pertama kita bisa belajar secara gratis dan dengan pembicara yang memiliki kredibilitas dan sudah tidak diragukan lagi ”. “mungkin bisa dikatakan inovasi, karena acara kemarin kita garap berdasarkan kebutuhan mahasiswa baru yang ingin tahu dunia Jurnalistik sekaligus memperkenalkan UKM Diamma kepada calon anggota baru Diamma, jadi memang berguna sekali acara Kuliah Umum berbasis Jurnalistik kemarin, kedepannya kita akan terus progresif untuk acara seperti itu, sesuai dengan perkembangan informasi tanpa batas “ Ucap Bagus Widaryoko Pemimpin Umum Diamma juga memberikan tanggapannya.

*Laporan Pertanggungjawaban KUBJ I, 20/10/11. Foto : Dok Diamma