Home Kampus Fasilitas Toilet “Masih Terbilang Kotor”

Fasilitas Toilet “Masih Terbilang Kotor”

1045
0
SHARE

Toilet UPDM(B)

“Memang keadaan toilet harus diperhatikan, tapi kami lagi berkonsentrasi terhadap lahan parkiran,” ucap Sutiono, salah satu staff management building UPDM(B).

Oleh Novita Uli Utami, Hikmah Rani / Foto : Novita Uli Utami

Diamma – Adanya rencana perbaikan untuk mengganti bangunan toilet lebih baik lagi oleh pihak management building. Tidak hanya bangunan yang diperbaiki, seperti pintu dan kloset pun akan segera diganti. ”Peningkatan mutu toilet kita harus tunggu dulu dari pihak yang memegang uang, tapi secepatnnya niat untuk memperbaiki toilet akan terealisasikan,” jelas Sutiono, lelaki berkulit putih ini.

Cukup banyak mahasiswa yang mengeluh, karena keadaan toilet tidak sesuai dengan suasana kampus, “toiletnya jorok banyak coret-coretan yang tak bertanggung-jawab dan bau tak sedap,” ucap Nugroho, mahasiswa Fikom sekaligus pengguna toilet pria. Kata – kata itu spontan terlontar ketika ditanya tanggapannya mengenai toilet kampus, yang berada di belakang sekretariat FISIP. “Memang keadaan toilet harus diperhatikan, tapi kami lagi berkonsentrasi terhadap lahan parkiran,” ucap Sutiono, salah satu staff management building kampus UPDM(B).

Keadaan toilet yang sangat kotor disebabkan karena pengguna toilet sangat banyak, dari semua fakultas bercampur dalam satu toilet. “Seharusnya setiap fakultas memiliki satu toilet khusus agar tidak tercampur dengan fakultas lain,” ujar Lolita, mahasiswa Fikom angkatan 2009, yang juga penggunakan toilet wanita yang berada di pojok bawah. Dan juga pintu toilet banyak yang gak bisa ditutup, lanjut perempuan berkacamata.

Selain mahasiswa, keluhan cleaning service melengkapi ketidakpedulian terhadap kebersihan toilet.  Toilet biasanya dibersihkan setiap hari, tetapi masih saja menimbulkan bau yang tidak sedap. “saya dengan teman membersihkan toilet setiap hari, kadang saya sering siramin pakai karbol kalau sudah terasa bau, namun mahasiswanya juga jorok kalau buang air kecil gak disiram banyak,” ujar Siti, perempuan berkerudung ini. Toilet memang salah satu fasilitas kampus yang harus dan perlu diperhatikan. Jika toilet terlihat bersih dan sehat, berarti mencerminkan kampus yang nyaman dan bersih. Toilet yang nyaman akan berdampak baik juga bagi kampus UPDM(B). Dan semoga perbaikan toilet cepat terealisasikan, dengan memberikan fasilitas yang terbaik untuk masyarakat UPDM(B).