Home Sorot The Rise Of Urbansport Heroes

The Rise Of Urbansport Heroes

587
0
SHARE

 

 

Keterbatasan lahan bagi masyarakat urban untuk beraktifitas (olah raga), menginspirasi pihak penyelenggara untuk mengadakan urbanfest tiap tahun.

Oleh Dwi Ayu Rochani, April Diani, Hikmah Rani / Foto:  April Diani

Diamma – Masyarakat urban semakin sadar terhadap kesehatan dan mulai berolahraga, ternyata olah raga kini menjadi trend dikalangan masyarakat urban, salah satunya sepeda. Beberapa komunitas sepeda dikalangan masyarakat seperti komunitas sepeda pixi, bmx dan lainnya. Selain itu juga ada komunitas skateboard, sky runner, dll.

Namun, kendala terbesar dihadapi bagi masyarakat urban seperti keterbatasan lahan kota yang tidak dapat digunakan untuk berolahraga. oleh karena itu, dicipatakanlah beberapa olah raga baru meskipun dengan keterbatasan lahan dan dapat melakukan olahraga tersebut, seperti sky runner semacam olahraga lompat-lompat yang terisnpirasi dari enggeran, trike bike yaitu sejenis scooter (otopet) roda tiga dan masih banyak olahraga lainnya yang hanya membutuhkan sedikit lahan.

Sampai akhirnya, empat komite yang terdiri dari Kompas, Gramedia, Prambors, Ancol dan juga IKJ.  mencetuskan untuk menyelenggarakan acara urbanfest dari keterbatasan ruangan bagi masyarakat urban beraktifitas (olah raga). Acara urbanfest ini merupakan acara tahunan, dan kini urbanfest diadakan untuk keempat kalinya, mulai dari tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010.

Urbanfest selalu diadakan di ancol, karena ancol merupakan salah satu komite penyelenggara. Berbeda dengan penyelenggaraan tempat urbanfest dua tahun terakhir yaitu  2009 dan 2010 diselenggaran di Pasar Seni Ancol, sedangkan  tahun 2007 dan 2008 di Pantai Karnaval Ancol. Selain pihak penyelenggara ada banyak juga sponsor yang ikut andil dalam acara ini, Buavita merupakan sponsor utama untuk urbanfest 2010.

Urbanfest pun bertujuan “untuk menyatukan komunitas-komunitas urban serta ajang bertemunya komunitas anak- anak muda dan juga anak indie yang ada di Jakarta,” ucap Dodi Steffanuf selaku ketua pelaksana Urbanfest 2010.

Dan untuk mengumpulkan setiap komunitas yang ingin ikut berpartisipasi dalam acara ini tidak terlalu sulit karna ini merupakan acara urbanfest yang ke-4 kalinya dan juga komunitas sangat antusias dengan acara urbanfest ini, sehingga acara urbanfest selalu ditunggu – tunggu oleh setiap komunitas, namun untuk komunitas baru biasanya dihubungi oleh pihak penyelenggara.