Home Cetak WARTA: Pascasarjana Sukses Meraih Akreditasi A di Semua Program Studi

WARTA: Pascasarjana Sukses Meraih Akreditasi A di Semua Program Studi

195
0
SHARE
Ilustrasi: Diamma.com/Fitri Febriyanti

Pascasarjana UPDM (B) telah berhasil meraih akreditasi A untuk seluruh program studinya, di antaranya Magister Manajemen, Magister Administrasi, dan Magister Ilmu Komunikasi.

Diamma.com – Dalam memperoleh akreditasi ini, Magister Administrasi lebih dulu memperoleh akreditasi A pada April 2018. Kemudian, disusul Magister Manajemen pada November 2018. Terakhir Magister Ilmu Komunikasi di April 2019. Peningkatan status akreditasi dari B menjadi A pun dirasakan Magister Manajemen dan Magister Ilmu Komunikasi.

Terdapat tujuh standar yang harus dipenuhi pascasarjana UPDM (B). Paiman Rahardjo, Direktur Pascasarjana UPDM (B) menuturkan dalam memenuhi tujuh standar tersebut, berbagai pihak dilibatkan di antaranya dosen, pimpinan, karyawan, unsur penggunaan, mahasiswa, dan stakeholder. Ia juga mengatakan relasi menjadi salah satu usaha untuk memperoleh akreditasi A.

”Kami bekerja keras selama 4 tahun ini baik dari sisi jaringan, dari tidak ada mahasiswa, dosennya dari S2 menjadi S3 dan guru besar, serta komponen yang menunjang untuk dapat akreditasi A. Jadi, dari sisi dosennya, penelitian, pengajaran, dari sisi pendanaan itu, kami genjot dan lakukan perbaikan,” jelasnya.

Perubahan demi perubahan pun dilakukan pascasarjana demi mencapai akreditasi A, terlebih dalam penerapan tridarma perguruan tinggi.

Kesulitan pun dirasakan dalam proses akreditasi ini, salah satunya adalah kebutuhan dosen.

“Kebutuhan untuk dosen, karena kan dosen di pascasarjana ada yang S3. S3 itu tidak mudah, beda dengan S1 atau S2 pun bisa jadi dosen, tapi di pascasarjana dia harus doktor, harus S3, ini yang kesulitan. Tapi karena jaringan kami sangat luas, contoh orang terkenal seperti Effendi Gazali bisa masuk ke kami. Banyak tokoh-tokoh yang bisa bergabung,” ungkap Paiman.

“Terus tidak ada kesulitan dalam merekrut mahasiswa karena kami punya jaringan dengan kemitraan, kementerian-kementerian, dan pemerintah daerah,” tambahnya.

Dwi Ajeng, salah satu mahasiswa pascasarjana angkatan 2017 ini mengatakan, akreditasi A menjadi sebuah pembuktian bahwa UPDM (B) mampu menghasilkan lulusan pascasarjana dengan bobot dan kualitas yang baik. Selain itu, mampu memberikan kontribusi dari ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan pada dunia kerja.

Penulis: Faradina Fauztika

Versi cetak artikel ini terbit di WARTA Diamma edisi #68 Agustus 2019, dengan judul “Pascasarjana Sukses Meraih Akreditasi A di Semua Program Studi”