Home Entertainment Gaya Hidup Tak Hanya untuk Kesehatan Kulit, Manfaat Lidah Buaya Dapat Turunkan Berat Badan

Tak Hanya untuk Kesehatan Kulit, Manfaat Lidah Buaya Dapat Turunkan Berat Badan

175
0
SHARE
Lidah buaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/trumzz

Diamma.com- Ternyata lidah buaya tidak hanya untuk kesehatan dan menjaga kecantikan kulit saja, namun manfaatnya juga dapat menurunkan berat badan lho.

Melansir dari Food NDTV, secara alami lidah buaya membantu menjaga metabolisme tubuh serta menjadi detox yang mengeluarkan racun dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan itu, kamu bisa membuat tubuh langsing dan sehat.

(Baca Juga: Dapat Turunkan Berat Badan, Berikut 5 Manfaat Lemon Tea)

Menurut Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung berbagai kandungan nutrisi yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, kalium, natrium dan lainnya. Berikut tiga manfaat lidah buaya yang dapat menurunkan berat badan:

1. Dapat melancarkan sistem pencernaan

Mengonsumsi lidah buaya dapat melancarkan sistem pencernaan seperti sembelit. Kamu yang memiliki berat badan berlebih pada saat buang air besar, maka sistem pencernaan kamu akan lancar dan mudah diatasi.

Lidah buaya ini terdapat kandungan antrakuinon. Zat tersebut merupakan senyawa fenolik yang secara tradisional dikenal sebagai obat pencahar. Fungsinya untuk mengatasi sembelit.

(Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Daging lidah buaya ternyata memiliki dua kandungan yakni polisakarida dan antioksidan. Dari zat tersebut, dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kamu. Dengan itu, racun dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kamu tidak akan mudah masuk. Racun tersebut akan keluar dari feses, alhasil membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

3. Memberikan efek rasa kenyang lebih lama

Mengonsumsi lidah buaya dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini akan membantu kamu dalam membatasi asupan makanan. Secara alami, dapat menurunkan kadar glukosa dalam aliran darah. Maka dari itu, sebaiknya lidah buaya dicampurkan dengan minuman seperti jus atau dijadikan olahan salad yang segar.

(Baca Juga: Dengan Konsumsi 7 Makanan ini Dapat Menjaga Kesehatan Mata)

Nah, itulah tiga manfaat lidah buaya untuk menurunkan berat badan. Jangan mengonsumsi secara berlebihan ya, karena dapat memberikan efek samping seperti kram atau nyeri perut, diare, gangguan ginjal, gangguan elektrolit, dan gangguan fungsi hati. Lebih baik dikonsumsi satu gelas sebanyak 2-3 kali seminggu ya Diammania. Selamat mencoba!

Penulis: Rianty Danista
Editor: Rianty Danista