Home Travel Kuliner Bukan Sekedar Lezat, Ternyata Ini 5 Manfaat Popcorn bagi Kesehatan

Bukan Sekedar Lezat, Ternyata Ini 5 Manfaat Popcorn bagi Kesehatan

173
0
SHARE
Tampilan popcorn.
Foto : Pixabay/SteveBuissinne

Diamma.com- Berondong atau yang biasa kita kenal dengan nama popcorn adalah salah satu makanan ringan yang seringkali dijumpai saat menonton film baik di bioskop ataupun di rumah. Popcorn sangat populer di dunia karena identik dengan cemilan yang cocok untuk bersantai.

Meski begitu, Popcorn dinilai sebagai cemilan yang kurang sehat karena termasuk pada golongan makanan cepat saji. Namun, cemilan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan apabila diolah dengan cara yang tepat karena mengandung biji jagung utuh yang sarat dengan nutrisi. Berikut lima manfaat popcorn yang telah dirangkum oleh Diamma.com :

1. Mengurangi risiko penyakit diabetes

Popcorn memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 karena bisa membantu mengatur pelepasan dan pengelolaan gula darah dan kadar insulin lebih baik.

Menurut penelitian ‘The American Journal of Clinical Nutrition’, mengonsumsi sumber serat yang cukup dapat membantu mengurangi fluktuasi gula darah bagi penderita diabetes. Serat hanya melewati saluran pencernaan yang dapat mecegah kenaikan kadar gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang berserat sangatlah penting untuk mencegah diabetes.

2. Memperlancar pencernaan

Popcorn merupakan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh yang mengandung endosperm, dedak, dan germ. Popcorn dapat memperlancar pencernaan karena mengandung serat yaitu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga mudah melewati usus halus, mencapai usus besar, dan dikeluarkan tubuh sebagai feses.

Selain tinggi akan serat, popcorn juga mengandung mineral, vitamin B kompleks, dan vitamin E.

3. Dapat menurunkan berat badan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, popcorn juga memiliki kepadatan energi yang sedikit serta relatif rendah kalori sehingga cocok untuk menurunkan berat badan dan menjadi cemilan yang lebih baik daripada makanan ringan lainnya.

Hal tersebut disebabkan karena popcorn memiliki kandungan serat yang lebih rendah dari makanan ringan lain yaitu hampir 15 gram serat dalam 100 gram (3,5 ons). Sedangkan untuk kalorinya, 15 kalori popcorn sama dengan 150 kalori keripik kentang, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan rasa kenyang apabila dikonsumsi.

4. Menurunkan kolestrol

Serat yang terkandung pada popcorn juga dapat menurunkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Menurut penelitian ‘American Journal of Clinical Nutrition’, serat larut yang banyak ditemukan dalam biji-bijian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol di usus kecil, mencegah penyerapannya ke dalam aliran darah.

Mengurangi kolestrol juga dapat membantu meminimalisir risiko kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

5. Mencegah penyakit kronis dan penuaan

Melansir dari Health Line, popcorn termasuk makanan yang mengandung polifenol tinggi. Polifenol dalam tubuh berguna sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif, mencegah tanda-tanda penuaan, serta dapat melawan risiko penyakit kronis.

Popcorn dapat menghasilkan bioavailabilitas antioksidan yang lebih tinggi apabila diberi udara dibandingkan jika dimasak menggunakan microwave. Selain itu, apabila popcorn diberi topping minyak dan mentega juga dapat mengurangi kandungan antioksidannya.

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Donny Alamsyah