Home News Internasional Spotify dan Kakao M Beri Klarifikasi Terkait Lagu yang Dihapus Secara Global

Spotify dan Kakao M Beri Klarifikasi Terkait Lagu yang Dihapus Secara Global

107
0
SHARE
Spotify dan Kakao M. Foto: bandwagon.asia

Diamma.com- Penggemar dikejutkan dengan banyaknya lagu-lagu K-Pop yang menghilang dari platform musik Spotify pada Minggu (28/2) malam lalu. Lagu yang menghilang tersebut didistribusikan oleh perusahaan distributor musik Korea yaitu Kakao M.

Hal tersebut, menimbulkan banyak spekulasi dari pengemar dan mengaitkan dengan masuknya Spotify ke pasar Korea Selatan pada awal Februari lalu.

Melansir dari Soompi.com, Spotify menyatakan bahwa ini dikarenakan persetujuan lisensi dengan distributor musik asal Korea, Kakao M telah habis. Spotify juga menjelaskan jika persetujuan lisensi secara global tidak berhubungan dengan diluncurkannya Spotify di Korea.

“Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M telah berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak lagi dapat memberikan katalog tersebut kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia,” jelas juru bicara dari Spotify.

“Masalah perjanjian lisensi global kami tidak terkait dengan peluncuran layanan kami di Korea Selatan,” lanjutnya.

Disamping itu, Kakao M menyatakan bahwa Spotify yang memilih untuk tidak memperbarui perjanjian lisensi global mereka.

Kakao M juga menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan negosiasi terkait ketersediaan musiknya pada Spotify versi Korea. Namun, semua itu tidak ada kaitannya dengan lisensi global.

“Tidak terkait dengan kontrak domestik, yang masih kami negosiasikan, kami menerima pemberitahuan secara terpisah dari berakhirnya lisensi kami pada 28 Februari, dan kami meminta perpanjangan kontrak global kami yang ada,” tulis Kakao M.

Penulis: Salwa Putri Dewanti
Editor: Rianty Danista