Home News Nasional Waspada! Gunung Raung Mengalami Erupsi dalam Status Level II

Waspada! Gunung Raung Mengalami Erupsi dalam Status Level II

216
0
SHARE
Gunung Raung erupsi mengeluarkan asap tebal. Foto: AFP PHOTO/WIDARSHA

Diamma.com- Gunung Raung mengalami erupsi, tepatnya wilayah tiga kabupaten di Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Hal tersebut, membuat jalur pendakian ditutup sementara, guna meningkatkan keamanan dan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa status Gunung Raung berada ditingkatan level II, yang artinya tetap waspada (21/1/21) pukul 13:00 WIB.

Melansir dari Detik.com, petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA), Burhan Alethea mengatakan bahwa penutupan jalur ini dikarenakan peningkatan gempa vulkanik dan tremor yang dikeluarkan oleh Gunung Raung.

“Mulai tadi malam dini hari 00.33 WIB. Teramati 32 kali erupsi. Setiap kali terekam gempa tremor secara visual erupsi asap kelabu antara 100 sampai 400 meter,” ujarnya mengutip detik.com, Kamis (21/1/2021).

“Kita merekomendasikan adanya penutupan jalur pendakian ke Raung. Kawasan ditutup 2 kilometer dari bibir kawah, tidak boleh turun kawah. Kemarin setelah turun status jadi normal pendakian dibuka. Tapi setelah adanya peningkatan gempa vulkanik dan tremor kita imbau untuk ditutup akhirnya ditutup” lanjutnya.

Penulis: Rianty Danista
Editor: Donny Alamsyah